PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN KETERAMPILAN KOMBINASI GERAK LOKOMOTOR, NON-LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR


MUHAMMAD DIMAS KURNIAWAN, 6102418069 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN KETERAMPILAN KOMBINASI GERAK LOKOMOTOR, NON-LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102418069_Dimas Kurniawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pengembangan Media Audio Visual dengan Keterampilan Kombinasi Gerak Lokomotor, Non-Lokomotor Dan Manipulatif Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Fokus permasalahannyabagaimana penyampaian media audio visual pada peserta didik dalam permainan sepak bola Dan bagaimana pengembangan media audio visual berdasarkan 3 aspek, Tujuan yang ingin dicapai adalah Untuk mengetahui pengembangan audio visual dengan keterampilan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan sepakbola pada siswa kelas 5 sekolah dasar dan Untuk mengetahui aspek pengembangan media audio visual yang paling layak. Jenis penelitian ini adalah R&D. Populasi yang diambil dalam penelitan ini adalah siswa kelas 5 SD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknikpurposivesampling. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan yaitu analisis, desain, develop dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media audio visual berupa video pembelajaran PJOK pada permainan sepakbola untuk siswa SD kelas 5 terdapat video yang berisi 11 gerakan lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif yang di kombinasi untuk gerak dasar pada permainan sepak bola meliputi gerak dasar berjalan, menggiring bola dengan berlari, menggiring bola zigzag, melompat, melemparkan bola, mengoper bola, menendang bola kearah gawang, dan lain-lain. Pada penelitian ini menghasilkan persentase kelayakan dari 3 aspek yaitu, (1) ahli materi dengan persentase sebesar 72% masuk dalam kategori baik, (2) ahli media dengan persentase sebesar 87% masuk dalam kategori sangat baik, dan (3) Peserta didik dengan persentase sebesar 84% masuk dalam kategori sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini bahwa dari ke tiga persentase yang sudah diujikan menunjukan media video ini masuk kategori layak untuk digunakan sebagai sumber referensi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual,Gerak Lokomotor, Non-Lokomotor dan Manipulatif, Permainan Sepakbola, Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2024 06:20
Last Modified: 01 Nov 2024 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65122

Actions (login required)

View Item View Item