UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEMBELAJARAN PENJASKES PADA MASA TATAP MUKA TERBATAS DI SEKOAH DASAR SE-KECAMATAN KANGKUNG
Ilham Bagus Priatmojo, 6102417066 (2022) UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEMBELAJARAN PENJASKES PADA MASA TATAP MUKA TERBATAS DI SEKOAH DASAR SE-KECAMATAN KANGKUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi masa pandemi. Covid-19 masuk di negara Indonesia pada awal Maret 2020 lalu. Sudah hampir 2 Tahun Negara Indonesia terpapar Corona Virus Disease (Covid-19) mengakibatkan sistem pemerintahan tidak setabil, dilihat dari perekonomian, sosial dan pendidikan setelah pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dan pandemi covid-19 mulai reda pemerintah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakasanakan pembelajaran tatap muka terbatas dan setelahnya guru memberikan pembelajaran tatap muka terbatas yang diselenggarakan di SD se-Kecamatan Kangkung. Penelitian menggunakan metode etnografi, teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data kualitatif diskriptif berupa penjelasan berwujud kata-kata. Hasil pembelajaran tatap muka terbatas sekolah mendesain pembelajaran sesuai silabus, RPP alokasi waktu 3 jam pelajaran, pembelajaran jarak jauh 2 jam pelajaran. Pembelajaran jarak jauh guru menggunakan buku pegangan siswa dan media internet. Media dan alat yang digunakan guru adalah aplikasi whatsapp, zoom dan smartphone. Sedangakan pembelajaran tatap muka terbatas menggunakan buku pegangan siswa, media internet media pembelajaran seperti peluit, bola, net, cone, dan stopwatch dan media audio dan visual, alat olahraga lainya, guru mengajar secara langsung dan berhadapan dengan siswa jumlah 50% kehadiran, pembelajaran jarak jauh melalui daring. Penilaian pada tatap muka terbatas secara langsung dengan aturan pembatasan jumlah kehadiran, masa pembelajaran jarak jauh penilaian menggunakan media whatsap. Kesimpulan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang didesain sesuai pembelajaran tatap muka terbatas, saran untuk setiap pengambilan keputusan disesuaikan kondisi yang ada, disarankan guru untuk bisa memodifikasi pembelajaran yang menarik, siswa disarankan untuk aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Tatap Muka Terbatas |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:21 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65110 |
Actions (login required)
View Item |