PROSES PEMBELAJARAN PENJAS SEKOLAH DASAR NEGERI SELAMA PANDEMI COVID SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2020/2021


Syahrial Nurfadilah, 6102416039 (2021) PROSES PEMBELAJARAN PENJAS SEKOLAH DASAR NEGERI SELAMA PANDEMI COVID SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2020/2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102416039_Syahrial Nurfadilah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh keresahan mengenai pandemi covid yang berdampak terhadap tidak berjalannya proses pembelajaran di pendidikan di Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun ajaran 2020/2021. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran penjas Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang ketika situasi sedang menghadapi pandemi covid. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan survei. Dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 6 responden yang terdiri dari 6 orang guru penjas dalam sekolah yang berbedadan 22 Siswa Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai kelas 6 secara acak. Analisis data menggunakan teknik deskkriptif prosentase (DP). Teknik pengambilan datanya menggunakan angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan data yang menunjukan bahwa proses pembelajaran penjas Sekolah Dasar Negeri selama pandemi covid se-kecamatan gunungpati kota semarang tahun 2020/2021, tergolong baik, ini terbukti dengan prosentase hasil penelitian menunjukan angka 63,33%, dalam proses pembelajaran penjas Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Gunungpati Kota semarangTahun 2020/2021. Simpulan dari penelitian ini adalah secara umum proses pembelajaran penjas sekolah dasar negeri selama pandemi covid se-kecamatan gunungpati kota semarang tahun 2020/2021. Dalam kategori baik (63,33%). Dari dua aspek proeses pembelajaran penjas yaitu aspek perencanaan pembelajaran penjas dan aspek evaluasi pembelajaran penjas. Bahwa kedua aspek mencakup kategori baik (63,33%) . Saran penelitian ini bagi Guru penjas bahwa senantiasa selalu konsisten dan berinovasi supaya dalam pembelajaran penjas terhadap siswa tidak membosankan dalam mengkuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran penjas, Pandemicovid, Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:31
Last Modified: 30 Oct 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65106

Actions (login required)

View Item View Item