PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJAS MATERI KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR


Filza Abur Raihan, 6102415031 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJAS MATERI KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102415031_Filza Abur Raihan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebugaran jasmani mempunyai peran yang sangat besar terhadap aktivitas keseharian anak. Kebugaran jasmani berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kerja dan dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara optimal. Kebugaran jasmani yang rendah dimasalah di berbagai negara. Anak-anak dan remaja yang memiliki kebugaran jasmani yang rendah, salah satu penyebabnya adalah pola hidup yang pasif dan kurang aktivitasj asmani. Permasalahan tersebut juga terjadi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Jepara. Pengembangan berupa pengembangan model bermain menggunakan permainan ular tangga untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak usia 10-12 tahun. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan model permainan Ular ini dalam meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa kelas kelas V SDN 1 Suwawal Timur , SDN 5 Suwawal Timur dan MI Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development. langkah-langkah penelitian dan pengembangan yaitu: (1) Potensi dan Masalah; (2) Mengumpulkan Informasi; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Perbaikan Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian, sesuai dengan kebutuhan penelitianya itu untuk mengetahui keefektifan permainan Ular Tangga. Penelitianinidilakukan di kelas V SDN 1 Suwawal Timur , SDN 5 Suwawal Timur dan MI Miftahul Huda Kabupaten Jepara. Hasil penelitian dari validasi uji Berdasarkan hasil uji coba skala kecil terhadap aspek kemenarikan, paham materi, kerjasama dan sportif permainan ular tangga terdapat rata-rata tertinggi di SD SDN 5 Suwawal Timur dengan nilai ratarata 95,08% kemudian MI Miftahul SDN 1 Suwawal Timur rata-rata sebesar 94,62% dan SDN 1 Suwawal Timur rata-rata 94,44%. Ini semua dalam kategori baik sekali dan dinyatakan layak dalam permainan ular tangga. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil terhadap aspek kemenarikan, paham materi, kerjasama dan sportif permainan ular tangga terdapat rata-rata tertinggi di SDN 1 Suwawal Timur dengan nilai rata-rata 96,09% kemudian SDN 5 Suwawal Timur rata-rata 92,31% dan MI Miftahul SDN 1 Suwawal Timur rata-rata sebesar 90,49%. Dapat digunakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan permainan Ular Tangga pada siswakelas V di SDN 1 Suwawal Timur, SDN 5 Suwawal Timur dan MI Miftahul Huda Kabupaten Jepara Efektif dalam meningkatkan kebugaran jasmani Menjadi alternative pembelajaran penjasorkes lebih menarik dan menyenangkan sehingga tujuan penjas dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan , Kebugaran Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:02
Last Modified: 30 Oct 2024 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65099

Actions (login required)

View Item View Item