PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN POST FIVE MATERI KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR


Sendiko, 6102415029 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN POST FIVE MATERI KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6102415029_Sendiko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

jasmani mempunyai peran yang sangat besar terhadap aktivitas keseharian anak. Kebugaran jasmani berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kerja dan dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara optimal. Kebugaran jasmani yang rendah manjadi masalah di berbagai negara. Anak-anak dan remaja yang memiliki kebugaran jasmani yang rendah, salah satu penyebabnya adalah pola hidup yang pasif dan kurang aktivitas jasmani. Permasalahan tersebut juga terjadi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Brebes. Pengembangan berupa pengembangan model bermain menggunakan permainan Post Five untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak usia 10-12 tahun. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan model permainan post five ini dalam meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa kelas VI SD Negeri Prapag Kidul 01, 02 dan 03 Penelitian ini menggunakan metode Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development. langkah-langkah penelitian dan pengembangan yaitu: (1) Potensi dan Masalah; (2) Mengumpulkan Informasi; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Perbaikan Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian, sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan permainan post five.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Prapag Kidul 1, SD Negeri Prapag Kidul 2, dan SD Negeri Prapag Kidul 3 Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Hasil penelitian dari validasi uji coba skala kecil dan ahli penjas yang dilakukan oleh ahli guru, ahli permainan dan ahli materi pada SD Prapag kidul 1 rata-rata sebesar 81%, SD Prapag Kidul 2 rata-rata sebesar 78% dan SD Prapag Kidul 3 rata-rata sebesar 75%. Aspek kevalidan nilai rata-rata di SD Prapag Kidul 1 sebesar 81%, nilai rata-rata SD Prapag Kidul 2 sebesar 75% dan SD Prapag Kidul 3 sebesar 72%. Rata-rata aspek keefektifan materi permainan ini telahmemenuhi kriteria baik. Pada uji coba skala besar/uji lapangan diperoleh Aspek keefektifan materi permainan terdapat rata-rata antara lain SD Prapag Kidul 1 sebesar 89%, rata-rata SD Prapag Kidul 2 sebesar 82% dan rata-rata SD Prapag Kidul 3 sebesar 80%. Berdasarkan pengisian kuisoner pada 3 sekolah mendapatkan kategori baik dengan rata-rata nilai pada SD Prapag Kidul 1 sebesar 81%, SD Prapag Kidul 2 sebesar 78% dan SD Prapag Kidul 3 sebesar 75%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan Post five dapat digunakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan permainan Post Five pada siswa kelas VI di SD Prapag Kidul 1, 2 dan 3 Efektif dalam meningkatkan kebugaran jasmani Menjadi alternatif pembelajaran penjasorkes lebih menarik dan menyenangkan sehingga tujuan penjas dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Post Five, Kebugaran Jasmani Kebugaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:55
Last Modified: 30 Oct 2024 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65097

Actions (login required)

View Item View Item