AHMAD FAUZAN, 6101418156 (2023) INTERNALISASI NILAI SPORTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PENJASKES SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS XI MIPA 1 MA PLUS KETERAMPILAN AL IRSYAD GAJAH KABUPATEN DEMAK TAHUN 2022. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101418156_Ahmad Fauzan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Krisis karakter saat ini terlihat jelas terjadi dikalangan generasi muda, dapat dilihat setiap harinya melalui media massa di banjiri dengan berita-berita kenakalan remaja. Perubahan sikap para pelajar yang terjadi dikalangan masyarakat sangat memprihatinkan. Permasalahan yang terjadi tidak hanya dlingkungan masyarakat secara luas, terjadi juga dalam interaksi di lingkungan sekolah. Pendidikan jasmani dapat digunakan sebagai wadah untuk membentuk sikap dan karakter siswa dengan menanamkan nilai-nilai sportivitas kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh guru dalam internalisasi nilai sportivitas kepada siswa dan penerapan nilai tersebut oleh siswa dilingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas XI MIPA 1 di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi dari sumber data dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan untuk menggali informasi terdiri dari satu guru penjaskes, lima siswa dan kepala sekolah sebagai informan tambahan. Pemeriksaaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian ini memperoleh hasil guru dalam proses internalisasi nilai sportivitas dilakukan sejak menyusun perangkat pembelajaran (RPP) kemudian dalam praktiknya menggunakan cara pemahaman, pembiasaan, pertandingan dan evaluasi kepada siswa. Siswa mampu menerapkan nilai-nilai sportivitas berupa kedisiplinan, menghargai, kejujuran, tanggung jawab, integritas, peduli dan sportif. Simpulan dari penelitian ini yaitu guru melakukan internalisasi nilai-nilai sportivitas dalam pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan cara pemahaman, pembiasaan, pertandingan dan evaluasi kepada siswa. Siswa mampu menerapkan nilai-nilai sportivitas berupa kedisiplinan, menghargai, kejujuran, tanggung jawab, integritas, peduli dan sportif. Saran yang diberikan peneliti yaitu: 1) Bagi guru penjaskes terus memberikan bimbingan dan arahan serta menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran penjaskes. 2) Bagi siswa hendaknya menjadi manusia yang mau belajar dan ada upaya untuk melakukan perubahan dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani, Internalisasi, Sportivitas, Karakter.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:11
Last Modified: 24 Oct 2024 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65075

Actions (login required)

View Item View Item