PEMBELAJARAN SEPAKTAKRAW MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA N 1 TALUN KABUPATEN PEKALONGAN


SUFIYA MIKALIA, 6101418132 (2023) PEMBELAJARAN SEPAKTAKRAW MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA N 1 TALUN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101418132_Sufiya Mikalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2022 dikeluarkannya Kepmendikbudristek No.56 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada bulan februari tahun 2021 di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Pekalongan dengan adanya situasi pandemi diperoleh informasi bahwa pembelajaran dilakukan secara daring dan luring. Pembelajaran yang diterapkan guru PJOK belum menemukan metode yang sesuai untuk materi sepak takraw. Pembelajaran dapat dilakukan salah satunya menggunakan pendekatan Scientific yang bisa menjadikan pembelajaran lebih aktif dan tidak membosankan, siswa dapat mengonstruksi pengetahuan dan keterampilannya melalui fakta-fakta yang ditemukan dalam penyelidikan di lapangan guna pembelajaran. Berdasarkan hasil argumen yang telah diuraikan juga dari observasi yang telah dilakukan, maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran sepaktakraw menggunakan pendekatan Scientific secara luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran materi sepaktakraw menggunakan pendekatan Scientific di SMA N 1 Talun dan mengetahui efektivitas pembelajaran materi sepaktakraw menggunakan pendekatan Scientific di SMA N 1 Talun. Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan kemudian penyusunan perangkat dan proses validasi perangkat. Setelah proses validasi kemudian ke tahap implementasi. Tahap implementasi dilakukan menggunakan rancangan penelitian preetest dan posttest grup design. Hasil nilai pengetahuan rata-rata pretest dan posttest siswa mengalami kenaikan 58,9%. Hasil nilai keterampilan rata-rata pretest dan posttes mengalami kenaikan 93%. Hasil nilai sikap rata-rata pretest dan posttes yang terdiri dari poin tanggungjawab, kerjasama, dan rasa ingin tahu mengalami kenaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 24 siswa dari 30 siswa tuntas belajar secara klasikal dilihat dari hasil pretest dan posttest yang dibandingkan dengan KKM 75. Kesimpulan penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dinyatakan valid dan pembelajaran dinyatakan efektif pada pembelajaran sepaktakraw menggunakan pendekatan scientific di SMA N 1 Talun Kabupaten Pekalongan. Saran dari peneliti yakni metode pembelajaran tersebut masih perlu penyempurnaan dan dikembangkan lagi, Guru perlu memperhatikan pembelajaran menggunakan metode Scientific untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, Aspek karakter yang diamati sebaiknya ditambah lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Scientific, Sepaktakraw
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:26
Last Modified: 22 Oct 2024 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65067

Actions (login required)

View Item View Item