Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di YPI Al-Khoiriyyah Semarang.


Anendra Sunarya , 7101407273 (2011) Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di YPI Al-Khoiriyyah Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di YPI Al-Khoiriyyah Semarang.]
Preview
PDF (Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di YPI Al-Khoiriyyah Semarang.) - Submitted Version
Download (755kB) | Preview

Abstract

Kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja. Keduanya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di YPI Al-Khoiriyyah Semarang baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah guru MTs dan MA di Yayasan Pendidikan Islam Al-Khoiriyyah Semarang berjumlah 34 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: variabel bebas yaitu supervisi kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja guru (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 10,434 + 0,638 X1 + 0,120 X2 untuk variabel supervisi kepala sekolah (X1) diperoleh nilai t hitung 4,65 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga H1 yang menyatakan supervisi kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru diterima. Variabel Motivasi Kerja (X2) diperoleh t hitung 2,324 dengan nilai signifikan 0,027 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga H2 yang menyatakan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru diterima. Secara simultan menunjukkan Fhitung = 15.731 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan HA diterima, sehingga H3 yang menyatakan ada pengaruh positif supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan variabel supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di YPI Al-Khoiriyyah Semarang. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) sebaiknya frekuensi supervisi kepala sekolah dilakukan setiap bulan sekali tidak hanya satu kali setiap semester agar pelaksanaan supervisi kepala sekolah lebih baik lagi, (2) Sebaiknya diadakan semacam lomba guru/karyawan teladan yang dapat diikuti oleh seluruh guru atau karyawan dalam satu tahun sekali untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan karyawan sehingga dengan adanya penghargaan seperti ini diharapkan kinerja kerja guru/karyawan di YPI Al-Khoiriyyah Semarang semakin meningkat, (3) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis disarankan untuk dapat menambahkan variabel lain yang diduga berpengaruh terhadap kinerja guru, seperti lokasi, gaji atau pendapatan dan variabel lain sehingga diperoleh informasi secara lengkap terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru YPI Al- Khoiriyyah Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Motivasi Kerja, Kinerja, Kepala Sekolah, Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 29 Oct 2011 03:45
Last Modified: 25 Apr 2015 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item