“Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Konsumsi Dan Tabungan Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal


Diana Rahmawati , 7101407291 (2011) “Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Konsumsi Dan Tabungan Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Konsumsi Dan Tabungan Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal]
Preview
PDF (“Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Konsumsi Dan Tabungan Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran ekonomi yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kaliwungu masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa hanya berlaku pasif sementara guru yang aktif. Keadaaan inilah yang membuat siswa bosan dan kurang antusias serta semangat selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi tidak optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa maka menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsumsi dan tabungan setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar manfaat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran ekonomi yang ditandai dengan tercapainnya hasil belajar siswa minimal 75% dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal 67 dan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A SMA Negeri 1 Kaliwungu Kendal. Penelitian ini terdiri dari lima siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, tes, observasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Hasil penelitian diperoleh banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I yaitu, 79,07% siswa, siklus II 81,40% siswa, siklus III 81,40% siswa, siklus IV 83,72% siswa, dan siklus V 86,05% siswa, dari perbandingan nilai pre test dan post test tiap siklus menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, perbandingan hasil belajar siswa sebelum (pre test) dan hasil belajar siswa setelah tindakan (post test) siklus I mengalami peningkatan sebesar 32,56% siswa tuntas dari 46,51% siswa tuntas menjadi 79,07% siswa, siklus II 27,91% siswa dari 53,49% siswa tuntas menjadi 81,40% siswa, siklus III 27,91% siswa dari 53,49% siswa tuntas menjadi 81,40% siswa, siklus IV 27,91% siswa dari 55,81% siswa tuntas menjadi 83,72% siswa, dan 25,41% siswa pada siklus V dari 60,64% siswa tuntas menjadi 86,05% siswa. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya kenaikan. Pada siklus I sebesar 82% siswa aktif, siklus II meningkat menjadi 85% siswa, siklus III meningkat menjadi 86% siswa, siklus IV meningkat menjadi 89%, dan siklus V meningkat menjadi 92%. Berdasarkan data hasil angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran ekonomi pokok bahasan konsumsi dan tabungan menggunakan model pembelajaran STAD menunjukkan bahwa siswa memberikan jawaban yang sangat positif yaitu sebesar 92%, menyatakan mendukung pembelajaran ekonomi pokok bahasan konsumsi dan tabungan menggunakan model pembelajaran STAD. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD pada siswa kelas XA SMA Negeri 1 Kaliwungu Kendal dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu hendaknya guru memanfaatkan model pembelajaran STAD sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran STAD dalam Proses Belajar Mengajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 29 Oct 2011 03:38
Last Modified: 25 Apr 2015 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item