MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI SE - KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2022
Gesit Rahmawati Mustika Sari, 6101418038 (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI SE - KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2022. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu mengenai manajemen sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Masalah-masalah yang muncul terutama pada sarana dan prasarana yang dihadapi sekolah yaitu sarana dan prasarana sebagai penunjang kebehasilan dalam pembelajaran PJOK tersedia namun tidak lengkap, kondisinya kurang baik dan belum maksimalnya dalam pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Manajemen sarana dan prasarana merupakan segenap proses pengadaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana agar mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara tepat guna dan tepat sasaran. Dengan kondisi tersebut maka mengakibatkan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah belum tercapai secara maksimal.Agar pembelajaran PJOK dapat berjalan lancar dan tercapai tujuan pembelajarannya dan sarana dapat difungsikan dengan baik, maka sekolah dapat memaksimalkan pengetahuan dan pemahaman tentan manajemen sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang dimiliki sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2022, meliputi: (1) Perencanaan dan Pengadaan; (2) Inventarisasi; (3) Penggunaan; (4) Pemeliharaan; (5) Penghapusan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana dan guru pendidikan jasmani. Lokasi penelitian di SMP Negeri Se-Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak yaitu diantaranya SMP Neegeri 1, 2, 3 Mranggen. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan interactive model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan sarana dan prasarana olahraga dilakukan dengan rangkaian kegiatan mulai dari analisis kebutuhan, dan penentuan skala prioritas, Pengadaan dilakukan dengan cara penerimaan bantuan dan pembelin secara pribadi (2) Kegiatan inventarisasi meliputi dua hal, yaitu pencatatan sarana dan prasarana pada kartu inventaris barang dan pembuatan kode barang. (3) Penggunaan sarana dan prasarana melalui koordinasi seluruh guru PJOK yang ada di sekolan tersebut dan diatur sesuai jadwal pelajaran PJOK masing-masing. (4) Pemeliharaan dilakukan secara rutin atau setiap pemakaian dan berkala. (5) Penghapusan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP 1 dan 2 belum pernah dilaksanakan, sedangkan di SMP Negeri 3 Mranggen sudah pernh dilaksanakan..
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management, Facilities and Infrastructure for Physical Education, Sports and Health |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:36 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65044 |
Actions (login required)
View Item |