KONTRIBUSI MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI PESERTA DALAM MENGIKUTI KEJUARAAN DARING PERMATA SAKTI VIRTUAL RUN 2020
ILMAN ZUDA SEPTIAWAN, 6101417036 (2023) KONTRIBUSI MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI PESERTA DALAM MENGIKUTI KEJUARAAN DARING PERMATA SAKTI VIRTUAL RUN 2020. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Indonesia mengalami perubahan teknologi yang sangat pesat dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari , terutama media sosial. Kegunaan media sosial selain sebagai alat komunikasi, hiburan, bisnis online juga sebagai alat mempromosikan penyelenggaran event. Salah satu event Permata Sakti Virtual Run yang diselenggarakan pada tahun 2020, diminimalisir dengan mengadakan kegiatan event yang awal mulanya offline secara langsung diganti menjadi online secara tidak langsung melalui media sosial. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana kontribusi promosi melalui media sosial terhadap partisipasi peserta dalam mengikuti kejuaraan daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi promosi media sosial terhadap partisipasi peserta dalam mengikuti kejuaraan daring Permata Sakti Virtual Run 2020 . Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini peserta kejuaraan daring Permata Sakti Virtual Run 2020 yang berjumlah 39 peserta. Sampel yang dipakai seluruh peserta yang mendaftar berjumlah 39 peserta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang keseluruhannya berjumlah 39 peserta, laki-laki 31dan 8 permepuan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara virtual melaui link google form . Teknik analisis data deskriptif statistic prosentase dengan dibantu aplikasi IBM SPSS Statistic 25 . Hasil penelitian kontribusi media sosial dalam mengikuti kejuaraan daring Permata Sakti Virtual Run 2020: 36% kontribusi media sosial melalui media Whatsapp, 32% kontribusi media sosial melalui media Instagram, 18% kontribusi media sosial melalui media Facebook, 13% kontribusi media sosial melalui media Youtube, dan 1% kontribusi media sosial melalui media Twitter. Kesimpulanya media sosial WhatsApp merupakan media sosial yang memiliki jumlah yang paling banyak digunakan oleh peserta , karena penyebaran melalui WhatsApp lebih mudah dan murah dengan fitur yang tersedia di dalamnya. Selain itu media WhatsApp mempunyai respon yang cepat oleh peserta dalam melakukan promosi event dibandingkan melalui media lainya. Bagi penyelenggara dapat disarankan kepada penyelenggara kejuaraan untuk membuat video atau konten yang kreatif dengan fitur video melalui WhatsApp durasi video yang terbatas, peserta akan lebih tertarik untuk melihat apabila konten media dalam WhatsApp. Calon peserta disarankan mencari menggunakan media sosial WhatsApp melalui fitur update story dan grup WhatsApp .
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media sosial, kejuaraan olahraga |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:33 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65032 |
Actions (login required)
View Item |