Pelayanan Olahraga Adaptif Bagi Tunadaksa Cerebral Palsy Pada Poliklinik Fisioterapi Badan Pengelola RSUD Dokter Soeselo Kabupaten Tegal.

Hasanuddin, 6250401032 (2006) Pelayanan Olahraga Adaptif Bagi Tunadaksa Cerebral Palsy Pada Poliklinik Fisioterapi Badan Pengelola RSUD Dokter Soeselo Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pelayanan Olahraga Adaptif Bagi Tunadaksa Cerebral Palsy Pada Poliklinik Fisioterapi Badan Pengelola RSUD Dokter Soeselo Kabupaten Tegal.) - Published Version
Download (281Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan olahraga adaptif yang diberikan poliklinik fisioterapi Badan Pengelola RSUD Dokter Soeselo Kabupaten Tegal bagi tunadaksa cerebral palsy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua tunadaksa cerebral palsy sebanyak 5 orang dan seluruh petugas fisioterapi BP RSUD Dokter Soeaelo Kabupaten Tegal, sebanyak 3 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 8 orang. Metode pengumpulan data adalah metode angket (kuesioner) dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Data yang diperoleh dari penyebaran angket kemudian diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan analisis data dari orang tua penderita maupun petugas fisioterapi diperoleh hasil keseluruhan penelitian yang meliputi komponen sarana dan prasarana, persiapan pemeriksaan, program kerja, kualifikasi petugas fisioterapi maupun komponen dukungan dari pihak pengelola secara keseluruhan hasilnya termasuk klasifikasi baik. Atas dasar hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan olahraga adaptif yang diberikan poliklinik fisioterapi Badan Pengelola RSUD Dokter Soeselo Kabupaten Tegal bagi tunadaksa cerebral palsy adalah baik. Saran yang diberikan peneliti agar pihak pengelola lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada pasien terutama penderita cerebral palsy adalah pihak pengelola dalam hal ini adalah pihak poliklinik perlu menjalin kerjasama dengan rehabilitasi atau intansi lain yang terkait dengan kesehatan anak dan perlu penambahan lagi peralatan terapi latihan yang sudah ada demi kelancaran program rehabilitasi anak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 30 Mar 2011 23:09
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:06

    Actions (login required)

    View Item