PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE MATA PELAJARAN PERAWATAN TANGAN, KAKI DAN NAIL ART DI SMK YAPEK GOMBONG


Rita Oktaviani, 5402421085 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE MATA PELAJARAN PERAWATAN TANGAN, KAKI DAN NAIL ART DI SMK YAPEK GOMBONG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5402421085_RITA OKTAVIANI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih minimnya variasi media pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran perawatan tangan,kaki dan nailart khususnya materi tehnik ombre. Penggunaan media konvensional berupa modul dan microsoft power point dimana media tersebut memiliki kekurangan pada kata-kata verbal yang bersifat sangat abstrak, dan masih banyak menimbulkan kebinggungan pemahaman pada siswa. Hal ini memberikan dampak pada ketuntasan hasil belajar yang kurang efektif, dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk membuat pengembangan media pembelajaran berbasis video youtube. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui bagaimana validitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis Video Youtube Mata Pelajaran Perawatan Tangan Kaki dan Nailart di SMK Yapek Gombong. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan model pengembangan menggunakan ADDIE yang meliputi (Analysist, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpul data penelitian ini menggunakan angket penilaian ahli, angket tanggapan siswa, lembar tes kognitif (tes tertulis) dan uji psikomotorik (hasil belajar praktik). Objek dalam penelitian ini media pembelajaran berbasis video youtube, Subjek penelitian yaitu siswa program keahlian tata kecantikan kulit dan rambut SMK Yapek Gombong. Subjek uji coba berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data meliputi presentase untuk menghitung penilaian ahli dan angket tanggapan siswa, uji-t sampel related untuk uji beda antara pretest dan posttest, uji gain untuk mengetahui besarnya peningkatan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase yang didapat dari ahli media 81,2% , penilaian ahli teknologi pendidikan 91,6% dan ahli materi 92,8%. Rata�rata penilaian ahli adalah sebesar 87,9%.dengan kriteria sangat layak, sehingga dapat disimpulkan media yang dikembangkan valid. Efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar nailart ombre secara signifikan yang terbukti oleh hasil thitung = 4,47 > ttabel = 2,09 dengan taraf signifikansi 0,5. Berdasarkan analisis uji gain mendapatkan skor gain sebesar 0,73. Nilai tersebut diinterpretasikan kedalam nilai gain diperoleh efektifitas media yang dikembangkan tergolong dalam kriteria tinggi. Selain itu hasil dari angket tanggapan siswa diperoleh kriteria sangat positif dengan presentase tanggapan sebesar 92,18%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video youtube, validitas, efektifitas, perawatan tangan kaki dan nailart.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:19
Last Modified: 15 Oct 2024 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64985

Actions (login required)

View Item View Item