ANALISIS KEMAMPUAN MAKEUP ARTIST MENGIDENTIFIKASI KONDISI KULIT KLIEN DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKANNYA


Shafa Adrine Sevia, 5402418048 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MAKEUP ARTIST MENGIDENTIFIKASI KONDISI KULIT KLIEN DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKANNYA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5402418048_Shafa Adrine Sevia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

MakeUp Artist merupakan sebuah profesi yang membutuhkan skill. Kemampuan merias wajah bisa didapatkan melalui pendidikan formal, non-formal, ataupun informal. Seorang MakeUp Artist tidak hanya harus memiliki kemampuan merias wajah klien, namun juga perlu melakukan tindakan mengidentifikasi kondisi kulit klien, yang mana nantinya akan berpengaruh pada perlakuan seperti apa yang harus diterapkan di setiap kondisi kulit klien yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan MakeUp Artist mengidentifikasi kondisi kulit klien ditinjau dari latar belakang pendidikan formal (perguruan tinggi), non-formal, dan informal. Objek penelitiannya yaitu orang yang berprofesi sebagai MakeUp Artist di kota Semarang dengan minimal pengalaman 1 tahun kerja. Teknik pengumpulan data melalui dua sumber yaitu wawancara dan angket (kuesioner). Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 45 MakeUp Artist pada pendidikan formal, nonformal, dan informal terlihat level kategori yang dominan yaitu pada level sedang, dengan persentase rata-rata di atas 60%, artinya kemampuan MakeUp Artist ini sudah cukup baik dan mampu mengidentifikasi kondisi kulit klein dengan baik. Namun, jika dilihat lebih dalam lagi, terdapat sedikit ketimpangan di level rendah dan tingginya. Terbukti dari hasil analisis, bahwa MakeUp Artist dengan pendidikan formal memiliki kemampuan teori, sikap, dan praktikal yang lebih baik dalam merias wajah klien dengan kondisi kulit yang berbeda-beda. Pendidikan informal unggul pada kemampuan afektif dan psikomotor. Sedangkan pendidikan nonformal persentase kemampuan afektif dan psikomotornya sangat rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MakeUp Artist, Pendidikan, Indikator Kemampuan
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:16
Last Modified: 15 Oct 2024 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64984

Actions (login required)

View Item View Item