PENGEMBANGAN MODUL UNIT M.71INS2.005. 1 (MENGERJAKAN PERENCANAAN ATAU PERANCANGAN) SISTEM ONLINE UNTUK PENDIDIKAN PROFESI INSINYUR BIDANG TEKNIK MESIN


Rizky Yurido, 5202417062 (2023) PENGEMBANGAN MODUL UNIT M.71INS2.005. 1 (MENGERJAKAN PERENCANAAN ATAU PERANCANGAN) SISTEM ONLINE UNTUK PENDIDIKAN PROFESI INSINYUR BIDANG TEKNIK MESIN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202417062 - Rizky Yurido.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Unit M.71INS02.005.1 (Mengerjakan Perencanaan atau Perancangan) pada Pendidikan Profesi Insinyur Bidang Teknik Mesin dalam sistem online, yang memenuhi uji validitas, reliabilitas serta kelayakan modul. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 3 tahapan model 4D yaitu define design dan develop. Penelitian menganalisa pelaksanaan Pendidikan Profesi Insinyur Bidang Teknik Mesin di Indonesia, kemudian mengembangkan modul dengan sistem online yang kemudian dilakukan penilaian dari ahli yang meliputi uji validitas dan reliabilitas modul serta kelayakan modul dari aspek materi dan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah berupa analisis statistika deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dengan nilai koefisien validitas sebesar 0,87 artinya modul yang dihasilkan akurat dalam penyampaian materi. Sangat reliabel untuk digunakan dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,86 artinya modul yang dihasilkan dapat diandalkan dalam penyampaian materi. Sangat layak digunakan dengan persentase sebesar 89 % untuk aspek materi artinya materi modul memenuhi kriteria dalam segi kesesuaian materi dengan EK dan KUK serta aspek media sebesar 90% sangat layak untuk aspek media artinya modul memenuhi kriteia dalam segi aspek grafika, aspek desain, dan aspek manfaat. Kesimpulan hasil pengembangan modul yang pelaksanaannya menggunakan sistem online dapat digunakan untuk PSPPI Bidang Teknik Mesin secara reguler.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:14
Last Modified: 15 Oct 2024 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64976

Actions (login required)

View Item View Item