IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA


Ismi Wahyuningsih, 4001418011 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001418011_Ismi Wahyuningsih_Skripsi - Ismi Wahyuningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat disertai media yang sesuai, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Hasil Observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 4 Semarang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Selain itu, siswa jarang atau bahkan tidak pernah dituntut untuk melakukan diskusi kelompok sehingga kemampuan kolaborasi siswa juga rendah. Salah satu model yang dapat diterapkan dengan harapan mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu penggunaan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle dengan berbantuan Liveworksheets. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle berbantuan Liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 4 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hipotesis yang dibuat peneliti dapat dijawab dengan analisis menggunakan uji t-test dan N-gain serta analisis lembar observasi kemampuan kolaborasi dan analisis angket tanggapan siswa dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan skala Likert. Data hasil kemampuan berpikir kritis diambil dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Hasil yang diperoleh menggunakan uji t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada penerapan model tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diukur menggunakan N-Gain menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Hasil analisis data penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran model Inquiry Pictorial Riddle Berbantuan Liveworksheets pada setiap indikator kemampuan kolaborasi siswa selama 4 pertemuan yaitu sebesar 33,33%, 27,08%, 25%, dan 25%. Hasil rata-rata persentase tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle Berbantuan Liveworksheets yaitu sebesar 76,53% dengan kategori baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle Berbantuan Liveworksheets dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Pictorial Riddle, Liveworksheets, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Kolaborasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:17
Last Modified: 14 Nov 2024 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64967

Actions (login required)

View Item View Item