ASPEK-ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA BUKU TEKS PRIGEL BASA JAWA KELAS X KURIKULUM 2013
Dita Wulandari, 2601418026 (2023) ASPEK-ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA BUKU TEKS PRIGEL BASA JAWA KELAS X KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Buku teks merupakan sumber utama yang digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Buku teks mata pelajaran umum diadakan oleh pemerintah berdasarkan kurikulum pendidikan nasional, sedangkan buku teks untuk mata pelajaran muatan lokal diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Materi yang disajikan dalam buku teks harus sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan materi, yakni kesesuaian, konsistensi, dan kecukupan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek perkembangan sosial emosional peserta didik pada buku teks Prigel Basa Jawa kelas X kurikulum 2013 terbitan Erlangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa teks bacaan, uraian materi, dan soal latihan yang mengandung aspek-aspek perkembangan sosial emosional peserta didik jenjang SMA/SMK/MA. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa buku teks Prigel Basa Jawa kelas X kurikulum 2013 terbitan Erlangga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik telaah dokumen berupa karya tulis akademik Prigel Basa Jawa kelas X Kurikulum 2013. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan kartu data sebagai alat bantu dalam mencatat data-data penelitian. Data-data yang ditemukan kemudian dianalisis dengan aspek-aspek perkembangan sosial emosional yang dikemukakan oleh Wolfinger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku teks Prigel Basa Jawa kelas X Kurikulum 2013 terdapat 130 data yang mengandung aspek-aspek sosial emosional peserta didik SMA/SMK/MA. Setelah didistribusikan ke dalam aspek-aspek sosial emosional, hasil penelitian menunjukkan terdapat 19 data yang menunjukkan aspek empati, 19 data menunjukkan aspek afiliasi, 16 data menunjukkan aspek resolusi konflik, dan 76 data menunjukkan aspek pengembangan kebiasaan positif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks, teks bacaan, materi, sosial emosional. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 01:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64955 |
Actions (login required)
View Item |