PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 3 ADIWERNA


Indah Atika Putri, 2601418021 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 3 ADIWERNA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601418021_Indah Atika Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasikan hasil kebutuhan peserta didik dan guru SMP Negeri 3 Adiwerna terhadap pengembangan media permainan ular tangga pada pembelajaran berbicara bahasa Jawa ragam krama, 2) mendeskripsikan prototipe media permainan ular tangga terhadap pembelajaran berbicara bahasa Jawa ragam krama pada kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna, 3) mengidentifikasikan hasil validasi media permainan ular tangga terhadap pembelajaran bahasa Jawa ragam krama pada kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik dan guru SMP Negeri 3 Adiwerna. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan berupa (1) penelitian menghasilkan media permainan ular tangga untuk pembelajaran berbicara bahasa Jawa ragam krama, (2) prototipe media ular tangga sebagai media pembelajaran berbicara bahasa Jawa ragam krama yang dilengkapi dengan dua paket kartu disertai dengan 18 kosakata, yaitu mangan, ngombe, turu, lunga, nggawa, menehi, ngongkon, tuku, lungguh, maca, mulih, lara, adus, takon, deleng, numpak, nyilih, ngomong, (3) media permainan ular tangga terhadap pembelajaran berbicara bahasa Jawa ragam krama dinilai baik dan sudah layak untuk di uji coba dalam pembelajaran. Oleh ahli materi mendapatkan nilai 32 dari total nilai maksimal 35 dengan kategori layak. Oleh ahli media mendapatkan nilai 29 dari total nilai maksimal 35 dengan kategori layak Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan agar media pembelajaran berbicara bahasa Jawa ragam krama yang berbasis permainan ini dapat diuji cobakan untuk mengetahui keberhasilan serta keefektifan saat menggunakan media pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, ular tangga, berbicara, ragam krama
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:27
Last Modified: 11 Oct 2024 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64954

Actions (login required)

View Item View Item