Pengaruh Metode Pembelajaran Kuantum dengan Pendekatan Kimia Hijau Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Redoks.
Dwi Retnowati , 4301407054 (2011) Pengaruh Metode Pembelajaran Kuantum dengan Pendekatan Kimia Hijau Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Redoks. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Metode Pembelajaran Kuantum dengan Pendekatan Kimia Hijau Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Redoks.)
- Submitted Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia kelas X SMA Negeri 1 Gubug, diketahui bahwa rata-rata nilai ulangan materi redoks kelas X tahun 2009/2010 masih di bawah standar KKM yaitu 59,6. Rendahnya hasil belajar diakibatkan oleh kurangnya motivasi, metode pembelajaran yang monoton, materi yang harus dihafalkan serta belum diterapkannya konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran inovatif, menarik, mendorong keaktifan, kerjasama dan memaksimalkan keterlibatan siswa adalah metode pembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijau. Metode pembelajaran ini menekankan kegiatannya pada pengembangan potensi siswa secara optimal melalui cara-cara yang mudah dan menyenangkan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijau terhadap hasil belajar kimia materi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Gubug. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan persyaratan data populasi harus normal dan homogen. Sampel penelitian diambil dua kelas secara acak yaitu kelas X-E sebagai kelas eksperimen dan X-F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijau sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test sebelum mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre test pada kelas eksperimen adalah 33,57 dan pada kelas kontrol adalah 33,48. Setelah dilakukan uji kesamaan dua varian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas relatif sama. Namun, terjadi perbedaan rata-rata pada nilai post test, kelas eksperimen 78,31 sedangkan kelas kontrol 69,50. Kemuudian data pos test ini diuji kesamaan dua rata-rata dihasilkan bahwa rata-rata kedua kelas tidak sama, selanjutnya dilakukan uji perbedaan dua rata-rata dihasilkan thitung 5,068 > ttabel 1,989 yang berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijau sebesar 37,04%. Jadi berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijau terhadap hasil belajar kimia materi redoks pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gubug.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran kuantum, kimia hijau, redoks |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2011 02:27 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6495 |
Actions (login required)
View Item |