Perbandingan, Candra Panggih Pengantin, Gagrag Surakarta, Gagrag Yogyakarta


Hilma Aulia, 2601417032 (2023) Perbandingan, Candra Panggih Pengantin, Gagrag Surakarta, Gagrag Yogyakarta. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601417032_Hilma Aulia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Bahasa Jawa merupakan salah satu muatan lokal dalam struktur kurikulum di tingkat pendidikan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Salah satu materi Bahasa Jawa untuk tingkat SMP yaitu membaca nyaring dan menulis teks berhuruf Jawa. Kebanyakan siswa khususnya siswa kelas VII MTs. Nurul Islam Mayong menganggap bahwa materi membaca nyaring dan menulis teks berhuruf Jawa merupakan materi yang sulit. Selain materi tersebut sulit, penggunaan media pembelajaran yang ada di MTs. Nurul Islam Mayong juga belum maksimal, sehingga guru kesulitan saat menyampaikan materi dan siswa kesulitan saat mengikuti proses pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut, dalam pembelajaran membaca nyaring dan menulis teks berhuruf Jawa menggunakan media pembelajaran papan pintar dan model pembelajaran Quanatum Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar membaca nyaring dan menulis teks berhuruf Jawa, setelah itu juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar membaca nyaring dan menulis teks berhuruf Jawa melalui penerapan media papan pintar dengan model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas VII MTs. Nurul Islam Mayong. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain true eksperimental design dengan bentuk posttest-only control design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata–rata belajar membaca nyaring teks berhuruf Jawa pada kelas kontrol mencapai 71,8, sedangkan nilai rata– rata hasil belajar menulis teks berhuruf Jawa 60,8 artinya nilai tersebut masih kurang dari KKM. Nilai rata–rata hasil belajar membaca nyaring teks berhuruf Jawa pada kelas eksperimen mencapai 80,9, sedangkan nilai rata–rata hasil belajar menulis teks berhuruf Jawa 81,1 artinya nilai tersebut sudah melampaui KKM. KKM membaca nyaring dan menulis teks berhuruf Jawa adalah 70. Setelah dilakukan penerapkan media pembelajaran papan pintar dengan model Quantum Learning dalam pembelajaran teks berhuruf Jawa terdapat perbedaan yang signifikan hasil uji t membaca nyaring teks berhuruf Jawa kelas kontrol dengan kelas eksperimen dengan nilai sig .003 < 0,05, sedangkan hasil uji t menulis teks berhuruf Jawa pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen dengan nilai sig .000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan uji t dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan dasar pengambilan keputusan didasarkan apabila nilai sig. (2- talled) < 0,05 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Namun, apabila nilai sig. (2- talled) > 0,05 maka, H0 diterima dan Ha ditolak, artinya penerapan media papan pintar dengan model pembelajaran Quantum Learning mampu meningkatkan hasil belajar membaca nyaring dan menulis teks berhuruf Jawa pada siswa kelas VII MTs. Nurul Islam Mayong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Papan Pintar, Quantum Learning, Hasil Belajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 07:04
Last Modified: 10 Oct 2024 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64943

Actions (login required)

View Item View Item