INOVATIF PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS IV SD N 3 SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS


Nada Anzila, 2501419145 (2023) INOVATIF PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS IV SD N 3 SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501419145_Nada anzila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Problematika Pendidikan pada era sekarang tentunya semakin luas. Nurhuda (2022) mengungkapkan bahwa: “beberapa permasalahan-permasalahan pada pendidikan dalam lingkungan mikro paling banyak dijumpai salah satunya metode pembelajaran yang monoton”. Dari metode pembelajaran yang monoton, menyebabkan kurangnya minat belajar pada siswa, siswa sulit memahami materi alhasil siswa menjadi pasif dan pembelajaran berjalan tidak efektif. Salah satu guru SD N 3 Sumpiuh membuat Inovasi pembelajaran tematik melalui media lagu ini sebagai solusi fenomena permasalahan tersebut. Tidak hanya itu inovasi ini dapat dijadikan penanaman karakter aspek pendidikan seni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeksripsikan tentang bagaimana proses dan strategi apa saja yang digunakan dalam inovasi pembelajaran tematik melalui media lagu. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus deskriptif pada pembelajarannya dan study literatur. Sumber data penelitian yang digunakan meliputi: informan, peristiwa dan dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan yang digunakan menggunakan teknik triangulasi dan teknik analisis data dengan model interaktif. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Inovasi pembelajaran tematik melalui media lagu pada siswa kelas IV SD N 3 Sumpiuh telah terlaksana melalui beberapa tahap yaitu berupa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) Terdapat sebuah perbedaan antara pembelajaran menggunakan media lagu dan pembelajaran tanpa media lagu melalui percobaan dua kali tes yang dilakukan seluruh siswa kelas IV SD N 3 Sumpiuh, selain itu saya telah mewawancarai beberapa siswa. hal ini dapat digaris bawahi bahwa inovasi pembelajaran tematik dapat mengoptimalkan kompetensi belajar siswa. 3) Inovasi pembelajaran tematik melalui media lagu mengaplikasikan empat metode. 4) Telah ditemukan beberapa kendala sekaligus solusi pada inovasi pembelajaran melalui media lagu.5) Strategi pembelajaran yang digunakan Guru dalam mengoptimalkan pembelajaran melalui media lagu ini dapat disimpulkan beberapa point. Saran peneliti: 1) Diharapkan Guru kelas IV SD N 3 Sumpiuh dapat melakukan inovasi melalui media lagu ini secara terus menerus sebagai strategi pengoptimalan kompetensi belajar siswa. 2) Diharapakan metode dan inovasi ini dirancang pada RPP yang terbaru agar guru dapat melakukan pembelajaran secara tertata pada setiap proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pembelajaran, Media lagu.
Subjects: L Education > Special Education > Music Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 06:57
Last Modified: 10 Oct 2024 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64941

Actions (login required)

View Item View Item