PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF SISWA DI SMK NU KEJAJAR WONOSOBO


Ilma Syalafiyah, 2501418140 (2023) PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF SISWA DI SMK NU KEJAJAR WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501418140 - Elma Syalafia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Masa peralihan dari pandemi ke new normal berdampak pada berlangsungnya aktivitas pembelajaran seni budaya di SMK NU Kejajar Wonosobo. Guru memiliki tantangan untuk membuat siswa lebih kreatif, karena selama belajar dari rumah siswa cenderung malas untuk berkreasi. Oleh sebab itu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses pembelajaran seni tari dalam membentuk karakter kreatif siswa di SMK NU Kejajar Wonosobo dan 2) Bagaimana strategi pembelajaran tari untuk membentuk karakter kreatif siswa di SMK NU Kejajar Wonosobo?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran seni tari dan strategi pembelajaran tari dalam membentuk karakter kreatif siswa di SMK NU Kejajar Wonosobo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan AiE (Art in Education). Lokasi penelitian bertempat di SMK NU Kejajar Wonosobo. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi, dan keabsahan data. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu analisis dalam bentuk pernyataan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi yang tepat yaitu strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran interaktif memudahkan guru dalam memahami proses belajar siswa secara langsung, sehingga guru dapat dengan mudah untuk membantu meningkatkan pengetahuan dari siswa itu sendiri seperti contoh meningkatkan kemampuan bertanya, berpendapat, bekerjasama, disiplin waktu, aktif dan kreatif. Menunjukkan bahwa proses pembelajaran seni tari meliputi 7 komponen yaitu: siswa, guru, tujuan, materi, metode, media dan evaluasi serta tahapan pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir berpengaruh positif dalam upaya membentuk karakter kreatif pada siswa di SMK NU Kejajar Wonosobo. Saran peneliti guna meningkatkan kualitas pembelajaran adalah: 1)Pihak sekolah memfasilitasi segala keperluan guna memaksimalkan peran guru dan memberi kenyamanan pada siswa yang sedang belajar; 2)Guru memperagakan atau memberi gambaran keseluruhan materi pembelajaran tari; 3)Guru bekerjasama dengan siswa dalam pembuatan video pembelajaran yang dibuat oleh siswa untuk menjadi nilai tambahan; 4)Pihak sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menampilkan hasil belajarnya, dalam hal ini pembelajaran seni tari didepan semua siswa, dituangkan dalam bentuk event.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Kreatif, Komponen Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Seni Tari, Strategi Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 06:46
Last Modified: 10 Oct 2024 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64937

Actions (login required)

View Item View Item