Pengaruh Lamanya Perendaman Serat Abaka Pada Larutan KOH Terhadap Kekuatan Impact, Bending dan Makrostruktur Komposit Bermatriks Polyester.


Lintang Setiawan, 5211418034 (2022) Pengaruh Lamanya Perendaman Serat Abaka Pada Larutan KOH Terhadap Kekuatan Impact, Bending dan Makrostruktur Komposit Bermatriks Polyester. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5211418034_Lintang Setiawan - Lintang Setiawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Helm SNI dari bahan serat sintetis tergolong tidak ramah lingkungan. Serat Abaka sebagai bahan alternatif, untuk saat ini belum dimaksimalkan manfaatnya dalam aplikasi teknik. Untuk memaksimalkan fungsi serat abaka, penelitian ini menggunakan serat abaka untuk mengetahui pengaruh perendaman serat abaka pada larutan KOH terhadap kekuatan impact dan bending material komposit bermatriks polyester. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dimana penelitian ini bertujuan memberikan gambaran secermat mungkin yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variasi perendaman ke dalam larutan KOH terhadap spesimen serat abaka. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kekuatan impact tertinggi pada variasi tanpa perendaman sebesar 52,92 kJ/m2 , sedangkan kekuatan bending tertinggi pada variasi perendaman 8 jam dimana mendapatkan nilai tertinggi sebesar 93,88 MPa. Rata-rata kekuatan impact dan bending tertinggi pada penelitian ini melampaui standar helm SNI dimana memiliki standar kekuatan impact sebesar 9,72 kj/m2 dan kekuatan bending sebesar 72 MPa. Kesimpulan penelitian ini adalah variasi perendaman kedalam larutan KOH mempengaruhi kekuatan impact dan bending pada komposit. Perlu adanya penggunaan variasi anyaman dalam membuat spesimen untuk mengetahui kekuatan impact dan bending yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komposit, larutan KOH, helm SNI, serat abaka, uji impact, uji bending
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:21
Last Modified: 10 Oct 2024 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64908

Actions (login required)

View Item View Item