PENGARUH UKURAN PARTIKEL CANGKANG KERANG HIJAU TERHADAP DENSITAS, POROSITAS, KEKERASAN DAN KEKUATAN IMPAK MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIK AKRILIK UNTUK BASIS GIGI TIRUAN


Imam Nurohman, 5211418052 (2022) PENGARUH UKURAN PARTIKEL CANGKANG KERANG HIJAU TERHADAP DENSITAS, POROSITAS, KEKERASAN DAN KEKUATAN IMPAK MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIK AKRILIK UNTUK BASIS GIGI TIRUAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5211417052- Imam Nurohman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Basis gigi tiruan adalah bagian dari gigi tiruan yang bertumpu pada jaringan lunak sebagai tempat pemasangan gigi tiruan. Lebih dari 95% basis gigi tiruan terbuat dari resin akrilik. Namun, kelemahan dari basis gigi tiruan akrilik memiliki kekuatan dan kekerasan yang rendah, sehingga basis gigi tiruan dapat retak/patah. Cangkang kerang hijau merupakan bahan alami yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan memiliki sifat keras. Sehingga memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan penguat basis gigi tiruan komposit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel cangkang kerang hijau terhadap nilai densitas, porositas, kekerasan, dan kekuatan impak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Komposit dibuat dengan metode compression moulding. Matriks yang digunakan adalah resin akrilik jenis self-cured dan reinforcement yang digunakan adalah cangkang kerang hijau, dengan perbandingan 90% resin akrilik : 10% cangkang kerang hijau. Variasi ukuran partikel digunakan meliputi 40 mesh, 80 mesh dan 120 mesh. Hasil penelitian menunjukan ukuran partikel 120 mesh memiliki nilai terbaik dibandingkan variasi ukuran partikel yang lain untuk semua pengujian. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa semakin kecil ukuran partikel cangkang kerang hijau, maka nilai densitas, kekerasan dan kekuatan impaknya semakin meningkat, sedangkan untuk porositasnya semakin menurun. Hal ini dikarenakan ukuran partikel yang lebih kecil memiliki kemampuan untuk mengisi bagian-bagian kosong yang ada dalam struktur komposit, sehingga mampu memperkuat struktur bahan penyusunnya dan hanya akan menyisakan rongga�ronga yang lebih kecil pada spesimen komposit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ukuran partikel, cangkang kerang hijau, komposit, resin akrilik. densitas, porositas, kekerasan, kekutan impak.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:18
Last Modified: 10 Oct 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64907

Actions (login required)

View Item View Item