RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PROTEKSI TEGANGAN DAN ARUS CHARGING BATERAI LEAD ACID 4,2 kWh PADA KENDARAAN LISTRIK


Dicky Kurniawan, 5202418035 (2022) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PROTEKSI TEGANGAN DAN ARUS CHARGING BATERAI LEAD ACID 4,2 kWh PADA KENDARAAN LISTRIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5202418035 - Dicky Kurniawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Tuntutan perkembangan teknologi khususnya pada sektor kendaraan sebagai alat transportasi manusia lambat laun menggunakan teknologi listrik karena di nilai lebih efisien dan ramah lingkungan dan didukung faktor semakin menipisnya cadangan akan energi fosil yang semakin sedikit dan efek pemanasan global. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang prototype alat sistem monitoring tegangan dan arus pada saat dilakukan proses pencharging-an baterai Lead Acid berdaya 4,2 kWh pada kendaraan listrik agar proses pengisian arus listrik dari charger menuju ke baterai dapat ter-monitoring secara realtime di layar LCD dan terkontrol oleh pengguna mobil listrik agar masa umur baterai tetap terjaga dan tidak terjadi over charging sehingga baterai lead acid yang di pakai untuk kendaraan listrik tetap awet. Metode yang digunakan untuk proyek penilitian ini adalah menggunakan model penelitian dan pengembangan/R&D (Research and Development) ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk media pembelajaran tertentu dan menguji keefektifan produk media belajar tersebut.Prosedur penelitian ada 5 tahap yaitu analisis masalah,desain produk,development atau produksi,implementasi/uji coba produk,dan evaluasi produk.Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan pertimbangan setelah melakukan implementasi uji coba produk yang terbatas harus mengalami tahap revisi untuk membuat suatu produk yang mudah digunakan dengan model yang kompatible dan praktis serta efisien. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah sistem monitoring proteksi tegangan dan arus charging yang digunakan untuk paket baterai pada kendaraan listrik yang terdiri dari 5 baterai lead acid yang dirangkai secara seri dengan spesiikasi 60 V 70 Ah. Komponen utama yang digunakan merupakan sensor tegangan, sensor arus ACS712, Arduino mega 2560 dan LCD 16×2 I2C. Proses perancangan di dalam penelitian ini menggunakan software aplikasi Proteus 8 Professional dan software aplikasi Arduino IDE untuk memprogram unit microcontroller. Setelah pengujian kerja simulasi berhasil penelitian dilanjutkan dengan pengujian lapangan dengan cara membandingkan nilai pembacaan tegangan dan arus charging yang masuk ke paket baterai dengan hasil pengukuran menggunakan multifuction tester selama proses pengisian baterai dengan interval pengambilan data selama 10 menit sampai paket baterai penuh atau nilai SOC menunjukan 100%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Listrik, Battery Management System (BMS), Monitoring tegangan dan arus, Charging, Baterai lead acid, State of Charge (SOC)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:16
Last Modified: 10 Oct 2024 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64905

Actions (login required)

View Item View Item