PENERAPAN MEDIA BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI ALAT POTONG PADA MESIN FRAIS


Rizki Firmansyah, 5201418013 (2022) PENERAPAN MEDIA BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI ALAT POTONG PADA MESIN FRAIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201418013_RizkiFirmansyah - Rizki Firmansyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh permasalahan kurangnya media pembelajaran yang membuat minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menjadi kurang yang terbukti dengan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran pemesinan 1 kelas XI tingkat ketuntasan belajarnya masih renda, dimana pada kelas XI TP 1 tingkat ketuntasan belajarnya 34,3% dan yang masih belum tuntas sebesar 65,7%. Dan pada kelas XI TP 2 tingkat ketuntasan belajarnya 40% dan yang belum tuntas 60%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media aplikasi android, menguji keefektifan media aplikasi berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memahami alat potong pada mesin frais dan menganalisis besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media berbasis aplikasi android dibandingkan dengan media buku cetak dan modul. Penelitian ini akan menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian pretest – posttest control grup design . dengan jumlah populasi sebanyak 60 siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Semarang dan untuk samplenya akan digunakan sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 orang siswa pada kelas kontrol. Sebelum perlakuan media berbasis aplikasi android dibuat dan di uji kelayakannya. Kelas eksperimen akan menggunakan media berbasis aplikasi android sedangkan kelas kontrol akan menggunakan bahan ajar modul dan buku cetak lalu kedua kelas di beri prettest dan posttest. Analisis data akan menggunakan analisis deskriptif, Uji T dan Uji Peningkatan. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa media berbasis aplikasi android layak digunakan dengan kategori sangat layak. Hasil uji posttest menunjukan t - hitung 3.308 > t - tabel 1.671 maka penggunaan media berbasis aplikasi android dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan persentase 64%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 40% dengan kategori rendah. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa media berbasis aplikasi android mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memahami alat potong mesin frais di bandingkan dengan media berbasis modul dan buku cetak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media berbasis aplikasi android, alat potong pada mesin frais, hasil belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:09
Last Modified: 10 Oct 2024 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64901

Actions (login required)

View Item View Item