FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KOPING STRATEGI PANGAN (Studi Kasus Pada Keluarga Miskin Perkotaan di Gunung Brintik Tahun 2022)


Citra Indah Sari, 6511418081 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KOPING STRATEGI PANGAN (Studi Kasus Pada Keluarga Miskin Perkotaan di Gunung Brintik Tahun 2022). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6511418081_Citra Indah Sari - Citra Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Ketahanan pangan menjadi salah satu indeks pembangunan manusia. Kemiskinan menjadi permasalahan dari ketahanan pangan dan menghambat pembangunan manusia. Koping strategi pangan menjadi solusi dari permasalahan ketahanan pangan, namun semakin tinggi strategi koping yang dilakukan maka semakin rendah ketahanan pangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungan dengan koping strategi pangan. Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan metode pendekatan cross sectional. Sebanyak 78 responden dengan kriteria inklusi yaitu ibu yang memiliki balita 0-5 tahun dan minimal tinggal di Gunungbrintik selama ± 6bulan. Pada saat penelitian akan diwawancara dan mengisi kuisioner terkait tingkat Pendidikan ibu dan ayah, usia ibu, jenis pekerjaan kepala keluarga, pendapatan rumah tangga, pengeluaran rumah tangga (baik pangan maupun non pangan yang akan diolah menjadi persentase), besar keluarga, bantuan pemerintah dan tingkat kesadaran ibu pada Kesehatan balita serta kuisioner koping strategi pangan. Analisis data menggunakan chi-square. Tingkat koping strategi pangan dengan kategori negative sebanyak 34,6% dan positif sebanyak 65,4%. Adanya hubungan antara koping strategi pangan dengan tingkat Pendidikan ibu dan ayah, jenis pekerjaan, pendapatan rumah tangga, pengeluaran rumah tangga, besar keluarga, bantuan pemerintah dan tingkat kesadaran ibu pada Kesehatan balita dengan nilai p secara berurutan sebesar 0.000;0.000;0.000;0.000;0.000;0.000;0.010; dan 0.000. Hal ini membuktikan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara koping strategi pangan dengan tingkat Pendidikan ibu dan ayah, jenis pekerjaan, pendapatan rumah tangga, pengeluaran rumah tangga, besar keluarga, bantuan pemerintah dan tingkat kesadaran ibu pada Kesehatan balita. Serta untuk variable usia ibu dengan nilai p 0.839, yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: koping strategi pangan, ketahanan pangan, permukiman miskin
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:48
Last Modified: 10 Oct 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64893

Actions (login required)

View Item View Item