PERBAIKAN PENGETAHUAN GIZI DAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN GIZI PADA ATLET TAEKWONDO JUNIOR


Adzra Syifa Andhini, 6511418076 (2022) PERBAIKAN PENGETAHUAN GIZI DAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN GIZI PADA ATLET TAEKWONDO JUNIOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6511418076_Adzra Syifa Andhini - Adzra Syifa Andhini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Permasalahan rendahnya pengetahuan gizi yaitu rata-rata hanya 50% dan Tingkat Kecukupan Energi sangat kurang rata-rata masih dibawah Angka Kecukupan Gizi (AKG), yaitu sebesar 44,38% dari kebutuhan harian pada atlet Taegeuk Warrior Pati perlu diperbaiki salah satunya dengan melakukan pendampingan dan edukasi gizi yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi tempat latihan. Jenis penelitian ini adalah Action Research dengan pendekatan kualitatif, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi kepada atlet taekwondo. Instrumen penelitian menggunakan (human instrument). Subjek penelitian yaitu 20 atlet taekwondo junior. Analisis statistik deskriptif mengetahui peningkatan pengetahuan dan Tingkat Kecukupan Energi (TKE) sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Analisis Gain Ternormalisasi (N-Gain) untuk mengetahui efektivitas perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan rata-rata pengetahuan dan Tingkat Kecukupan Energi pada Siklus I dan Siklus II. Terdapat efektivitas perlakuan terhadap pengetahuan pada siklus I yaitu N-Gain= 0,40 dan TKE dengan N-Gain= 0,18. Efektivitas perlakuan terhadap pengetahuan meningkat pada siklus II yaitu N�Gain= 0,73 dan TKE dengan N-Gain= 0,60. Efektivitas perlakuan pada siklus I terhadap pengetahuan termasuk kategori sedang dan TKE masih rendah, pada siklus II efektivitas perlakuan termasuk kategori tinggi dan TKE dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: taekwondo, pengetahuan, tingkat kecukupan energi, pendampingan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:45
Last Modified: 10 Oct 2024 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64892

Actions (login required)

View Item View Item