PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI JUS BUAH BIT (Beta vulgaris L.) DAN BUAH TOMAT (Solanum lycopersicum) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI


Ayu Zahra, 6511418065 (2022) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI JUS BUAH BIT (Beta vulgaris L.) DAN BUAH TOMAT (Solanum lycopersicum) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6511418065_Ayu Zahra - Ayu Zahra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Kombinasi jus buah bit dan buah tomat mengandung kalium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan antioksidan yang membantu memperlancar pembuluh darah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian kombinasi jus buah bit dan buah tomat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi. Desain penelitian yaitu kuasi eksperimental dengan rancangan pretest�posttest with control group. Sejumlah 44 lansia ditentukan melalui teknik purposive sampling dibagi menjadi kelompok intervensi jus kombinasi buah bit dan tomat sebanyak 22 sampel dan kelompok kontrol plasebo sebanyak 22 sampel. Pemberian perlakuan diberikan selama 7 hari. Analisis data menggunakan uji-T Berpasangan dan uji-T Tidak Berpasangan serta uji Mann-Whitney. Hasilnya ada perubahan tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum dan sesudah pemberian jus kombinasi buah bit dan buah tomat pada kelompok intervensi (p<0,05) sedangkan tidak ada perubahan tekanan darah sistolik dan diastolik pada kelompok kontrol (p>0,05). Ada perbedaan tekanan darah sistolik dan diastolik sesudah perlakuan antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi (p<0,05). Ada perbedaan selisih tekanan darah sistolik dan diastolik antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi (p<0,05). Kesimpulannya ada pengaruh pemberian kombinasi jus buah bit dan buah tomat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, tekanan darah, jus bit dan tomat, lansia
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:41
Last Modified: 10 Oct 2024 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64890

Actions (login required)

View Item View Item