TARI GAMBYONG LENGGER DALAM UPACARA RITUAL WISUDA LENGGER DI SANGGAR TARI RUKUN PUTRI BUDHOYO DUSUN GIYANTI KABUPATEN WONOSOBO


Kristina Dwi Handayani, 2501417020 (2023) TARI GAMBYONG LENGGER DALAM UPACARA RITUAL WISUDA LENGGER DI SANGGAR TARI RUKUN PUTRI BUDHOYO DUSUN GIYANTI KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501417020_KRISTINA DWI HANDAYANI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Upacara atau ritual biasanya diselenggarakan pada tempat dan waktu yang khusus, momen upacara dan berbagai peralatan yang bersifat sakral. Upacara Wisuda Lengger merupakan ritus budaya di Dusun Giyanti Desa Kadipaten Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo yang telah ada sejak tahun 2018. Wisuda Lengger dilaksanakan setiap satu tahun sekali dalam serangkaian acara Rakanan Giyanti. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji prosesi upacara ritual Wisuda Lengger di Dusun Giyanti serta menganalisis bentuk pertunjukan tari Gambyong Lengger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Etnokoreologi. Pendekatan Etnokoreologi menjelaskan mengenai analisis upacara wisuda lengger mulai dari latar belakang dan prosesi yang ada serta bentuk pertunjukan tari Gambyong Lengger. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan secara langsung di lokasi penelitian. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan rangkaian prosesi upacara dalam wisuda lengger dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu sebelum upacara, saat upacara dan setelah upacara. Sebelum acara wisuda lengger terdapat beberapa prosesi yang harus dilakukan yaitu perekrutan dan pembekalan. Prosesi saat upacara yang harus dilalui yaitu lengger mutih, simpuh lengger, jamasan, larung sesaji, dan wisuda lengger. Prosesi ritual wisuda lengger diakhiri dengan seblak sampur, dimana penari akan menarikan tari gambyong lengger secara bersamaan. Bentuk pertunjukan tari gambyong lengger tergolong dalam tari tradisional kerakyatan yang ada di Dusun Giyanti. Gerakannya menggunakan gerak yang mengadopsi gerak Gambyongan, iringannya menggunakan Cakepan Ladrang Pangkur Padhang Bulan. Rias yang digunakan yaitu rias korektif. Busana menggunakan setelan kostum Lengger Giyanti. Saran untuk Sanggar Tari Rukun Putri Budhoyo yaitu perlu adanya variasi dan penambahan ragam gerak tari gambyong lengger supaya setelah penari sah menjadi penari lengger dapat lebih lagi mempertunjukkan kelihaiannya dalam menari lengger dengan durasi tarian yang tidak singkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bentuk pertunjukan, gambyong lengger, wisuda lengger
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:08
Last Modified: 10 Oct 2024 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64875

Actions (login required)

View Item View Item