IMPLEMENTASI TEKNIK PROMPTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB PADA ANAK AGRESIF USIA 6 TAHUN DI RA. ASSHOLIKHIN


Bernika Irnawati, 1601418100 (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK PROMPTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB PADA ANAK AGRESIF USIA 6 TAHUN DI RA. ASSHOLIKHIN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601418100_Bernika Irnawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang mengembangkan berbagai aspek perkembangan, mulai aspek fisik-motorik, kognitif, bahasa, agama dan moral, sosial, hingga perkembangan seni. Aspek perkembangan sosial adalah salah satu aspek perkembangan yang cukup penting. Penanaman nilai-nilai karakter perlu diperhatikan sejak usia dini. Salah satu penanaman nilai karakter yang penting adalah tanggung jawab. Anak yang terbiasa dengan perilaku tanggung jawab akan tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dalam segala hal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi penerapan teknik prompting sebagai upaya meningkatkan perilaku tanggung jawab pada anak agresif usia 6 tahun. Salah satu upaya meningkatkan perilaku tanggung jawab pada anak agresif yaitu menggunakan teknik prompting. Teknik prompting merupakan teknik yang digunakan untuk menghasilkan suatu perilaku yang diinginkan dengan menggunakan stimulus. Fungsi prompt adalah untuk menghasilkan sebuah perilaku yang diinginkan menggunakan contoh yang sesuai sehingga anak mampu mencapai target perilaku tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berinisial B usia 6 tahun. Analisa data yang dilakukan untuk mengetahui implementasi teknik prompting yaitu menggunakan metode Single Subject Research desain AB yang menggunakan subjek tunggal satu orang anak agresif yang berada di lembaga RA. Assholikhin. Berdasarkan observasi dan pengamatan peneliti di lembaga RA. Assholikhin, peneliti memberikan intervensi atau stimulus berupa penerapan teknik prompting. Hasil penelitian yang dilakukan di RA. Assholikhin pada fase baseline (A) yang dilakukan selama lima sesi, fase intervensi (B) yang dilakukan selama delapan sesi. yaitu berupa meningkatnya perilaku tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukan grafik yang meningkat menjadi rata-rata 2,68 yang semulanya 2,24. Implementasi teknik prompting pada penelitian ini mampu meningkatkan perilaku tanggung jawab pada anak agresif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agresif, Tanggung Jawab, Prompting
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:46
Last Modified: 09 Oct 2024 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64839

Actions (login required)

View Item View Item