PENGARUH EDUKASI DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG BERBASIS WEBSITE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PENDIDIK PAUD DI KELURAHAN PANDEAN LAMPER KOTA SEMARANG


Alfina Desia Ramadhani, 1601418095 (2022) PENGARUH EDUKASI DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG BERBASIS WEBSITE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PENDIDIK PAUD DI KELURAHAN PANDEAN LAMPER KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601418095_Alfina Desia Ramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak dapat diketahui dengan dilakukannya deteksi dini tumbuh kembang anak sebagai upaya pencegahan, stimulasi, dan penyembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi dektesi dini tumbuh kembang berbasis website terhadap peningkatan keterampilan pendidik PAUD di Kelurahan Pandean Lamper Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian dengan metode pre-eksperimental design tipe one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan yaitu pendidik PAUD yang berjumlah 33 reponden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data paired sample t-test dengan analisis deksriptif dan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian menunjukan bahwa edukasi deteksi dini berbasis website dapat meningkatkan keterampilan pendidik PAUD dalam melaksanakan deteksi dini tumbuh kembang anak. Hal ini dilihat dari hasil analisis deskriptif dengan jumlah reponden 33 pendidik dengan nilai maksimum pada pretest adalah 89, nilai minimumnya adalah 75, dan nilai rangenya adalah 14. Rata – rata hasil pretest menunjukan nilai sejumlah 82,42. Sedangkan pada posttest menunjukan bahwa untuk nilai maksimumnya adalah 108, nilai minimumnya adalah 94, nilai rangenya adalah 14. Dan nilai rata – rata posttestnya adalah 98,00. Dan untuk hasil paired sample t-test nya diperoleh nilai (thitung < -ttabel atau thitung > ttabel), yaitu (-21,943 < -2,036 atau 21,943 > 2,036), dengan sig = 0,000, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan pendidik PAUD dalam melaksanakan detksi dini tumbuh kembang anak meningkat setelah diberikan edukasi deteksi dini berbasis website.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Deteksi Dini, Peningkatan Keterampilan, Pendidik PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:42
Last Modified: 09 Oct 2024 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64837

Actions (login required)

View Item View Item