MANAJEMEN KURIKULUM PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI DI TK MTA 1 SURAKARTA KECAMATAN PASAR KLIWON KOTA SURAKARTA


Devi Mariyatun, 1601418087 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI DI TK MTA 1 SURAKARTA KECAMATAN PASAR KLIWON KOTA SURAKARTA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601418087 - Devi Mariyatun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan bagian dari lembaga pendidikan, dimana keberhasilan sekolah dalam melakukan proses pembelajaran dipengaruhi oleh manajemen kurikulum. Strategi yang tepat, efektif, efisien, jelas dan sistematik dapat meningkatkan mutu serta tercapainya kualitas yang baik bagi lembaga pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum pada implementasi pembelajaran saat pandemi dan faktor pendukung serta penghambat di TK MTA 1 Surakarta. Penelitian dilakukan di TK MTA 1 Surakarta, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Surakarta pada 23 Mei 2022 hingga 23 juni 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, seksi kurikulum dan guru kelas TK A dan B. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK MTA 1 Surakarta menggunakan kurikulum 2013 dengan memprioritaskan pengajaran materi esensial. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum TK MTA 1 Surakarta sudah berjalan dengan terstuktur sebagaimana mestinya, seperti persiapan belajar mengajar, penyusunan kalender pendidikan, penyusunan program tahunan, semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, dalam pengkoordinasian seluruh komponen sumber daya juga terlaksana dengan baik, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan setiap hari walaupun dalam keadaan pembelajaran tatap muka terbatas dan pada tahap evaluasi kurikulum sudah berjalan, untuk bahan perbaikan di tahun selanjutnya. Setiap minggu kepala sekolah juga melakukan supervisi dan sharing pembelajaran yang telah terlaksana. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses manajemen kurikulum di TK MTA 1 Surakarta yaitu faktor penghambat dalam pengimplementasian pembelajaran dari sumber daya manusia yaitu guru yang kurang maksimal dalam manajemen waktu, faktor orangtua yang memiliki pendapat yang belum sejalan dengan TK dan kurang merespon baik informasi yang diberikan guru. Faktor pendukung yaitu adanya motivasi dan dukungan dari Yayasan MTA, dukungan orang tua dan komite serta hubungan baik dengan masyarakat dan warga sekitar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pembelajaran, Pandemi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:32
Last Modified: 09 Oct 2024 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64834

Actions (login required)

View Item View Item