ANALISIS SWOT DAYA DUKUNG SARANA DAN PRASARANA KELOMPOK BERMAIN DI KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI


Nur Afifah, 1601418080 (2023) ANALISIS SWOT DAYA DUKUNG SARANA DAN PRASARANA KELOMPOK BERMAIN DI KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601418080_Nur Afifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Fakta di lapangan menunjukan bahwa sarana dan prasarana belum sepenuhnya memadai, terutama di pedesaan masih minimnya penyamarataan sarana dan prasarana. Masih banyak lembaga yang kekurangan sarana dan prasarana seperti ruang belajar dan sarana belajar yang rusak. Sehingga kondisi tersebut akan berpengaruh pada ketidak layakan, ketidak nyamanan pada proses belajar mengajar. padahal sarana merupakan suatu fasilitas yang diperlukan dalam pembelajaran sangat penting bagi kelancaran dan keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil SWOT daya dukung sarana dan prasarana kelompok bermain di Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. pada penelitian ini peneliti menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengukur evaluasi SWOT daya dukung sarana dan prasarana kelompok bermain di Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah kelompok bermain di Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali, sampel pada penelitian ini adalah kepala sekolah kelompok bermain di Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali ada 3 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan data keseluruhan daya dukung sarana dan prasarana pada perhitungan IFAS di 3 lembaga yang diteliti adalah berkisar antara 2.47 - 3.78 yang menunjukkan bahwa 2 lembaga yaitu Kelompok Bermain Aisyiyah dan Kelompok Bermain Nuansa Bangsa Pre-school 3 berada dikategori kuat dan 1 lembaga yaitu Kelompok Bermain Mawar Putra berada dikategori Lemah. Kemudian pada perhitungan EFAS di 3 lembaga berkisar antara 2.36 – 3.09 yang menunjukkan bahwa terdapat 1 Lembaga Kelompok Bermain Aisyiyah menunjukkan kategori kuat dan 2 lembaga Kelompok Bermain Nuansa Bangsa Pre�school 3, dan Lembaga Kelompok Bermain Mawar Putra menunjukkan kategori lemah. Kesimpulannya adalah pada faktor internal 2 lembaga berada dikategori kuat dan 1 lembaga berada dikategori lemah. Sedangkan pada faktor eksternal 1 lembaga berada dikategori kuat, dan 2 lembaga berada dikategori lemah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SWOT, sarana dan prasarana, kelompok bermain
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:28
Last Modified: 09 Oct 2024 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64832

Actions (login required)

View Item View Item