EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBANTUAN MEDIA EXPLOTION BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B RA MISBAHUL ULUM PASUCEN


Salamah, 1601418074 (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBANTUAN MEDIA EXPLOTION BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B RA MISBAHUL ULUM PASUCEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601418074_Salamah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca permulaan anak merupakan bagian dari aspek perkembangan bahasa yang sangat penting untuk dikuasai anak, Salah satu hal yang dapat mendukung dalam keberhasilan pembelajaran adalah pemilihan metode dan media yang sesuai sehingga pembelajaran dapat menyenangkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran edutainment dengan didukung oleh media explotion box untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran edutainment berbantuan media explotion box untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. penelitian ini menggunakan metode pre - experimen design dan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa RA Misbahul Ulum Pasucen Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 anak. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan membaca permulaan anak dan observasi guna mencari data penggunaan metode pembelajaran edutainment. Analisa data dilakukan dengan uji n-gain untuk melihat adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan dan paired samplel t - test untuk pengujian perbedaan skor yang diperoleh sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan lebih baik setelah diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran edutainment berbantuan media explotion box dibanding sebelum diberikan perlakuan. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa metode pembelajaran edutainment berbantuan media explotion box efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Hasil uji n-gain memperoleh skor sebesar 1,63 yang berkategori tinggi. Uji paired sample t test memperoleh nilai sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 81,806 > 2,03951 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran edutainment, media explotion box, kemampuan membaca permulaan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:26
Last Modified: 09 Oct 2024 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64831

Actions (login required)

View Item View Item