PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN MEDIA PEMBELAJARAN U-DINO TERHADAP PENGENALAN DINOSAURUS DI TK MTA MUNGGUR
Asyifa’ Haulina Izzah, 1601418066 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN MEDIA PEMBELAJARAN U-DINO TERHADAP PENGENALAN DINOSAURUS DI TK MTA MUNGGUR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Pengenalan hewan penting untuk dipelajari sejak usia dini, salah satu hal yang mendukung dalam keberhasilan pembelajaran adalah pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dan proses yang menyenangkan. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kelompok tipe two stay two stray serta permainan U-Dino untuk mengenalkan tentang hewan purba pada anak usia dini. Melalui model TSTS dan permainan U-Dino diharapkan dapat membangun suasana belajar yang efektif dan menyenangkan untuk mempelajari tentang dinosaurus. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan pengenalan hewan purba melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray dan permainan U-Dino pada anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di TK MTA Munggur bentuk pre-experimental design dengan metode pendekatan one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sample. Data menunjukan adanya peningkatan nilai mean pada dua variabel dependent yaitu pada penerapan model pembelajaran two stay two stray semula 39,40 menjadi 60,37 dengan peningkatan sebesar 20,97 dan pada penerapan media pembelajaran U-Dino yang semula 31,63 menjadi 51,03 dengan peningkatan sebesar 19,40. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -4787 dengan p value = 0.000 atau asymp.sig 2 tailed < 0.05 untuk XI-Y (penerapan model TSTS) sehingga Ha diterima dan HO ditolak. nilai Z sebesar - 4787 dengan p value = 0.000 atau asymp.sig 2 tailed < 0.05 untuk X2-Y (penerapan permainan U-Dino) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada pengenalan dinosaurus di TK MTA Munggur setelah penerapan model pembelajaran two stay two stray dengan berbantuan media pembelajaran U-Dino.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, dinosaurus, Permainan U-Dino |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64823 |
Actions (login required)
View Item |