PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI DESA WISATA GONDANG


Mifta Budi Setiadi, 2411415059 (2023) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI DESA WISATA GONDANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2411415059_Mifta Budi Setiadi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Pengembangan pariwisata di Indonesia sejauh ini terus dilakukan pengembangan salah satunya melalui desa wisata. Desa Wisata merupakan suatu kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasananya yang mencerminkan keaslian dari pedesaan tersebut baik dari kehidupan geografis, sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian penduduk, arsitektur bangunan maupun struktur tata ruang desa yang khas, atau kegiatan perekonomian yang unik dan menarik serta mempunyai potensi untuk dikembangkannya berbagai komponen kepariwisataan. Desa Wisata Gondang termasuk ke dalam kategori desa wisata berkembang. Desa Wisata Gondang memiliki berbagai macam objek wisata serta daya tarik wisata. Sejauh ini Desa Wisata Gondang yang dikelola oleh Unit Pariwisata BUMDES Banjar Gondang Mandiri dan kelompok sadar wisata Munti Langgeng pada tahun 2014. Dalam pembangunan citra desa wisata, salah satunya diperlukan adanya identitas visual sebagai perwujudan untuk menyampaikan karakteristik, ciri khas, seni dan budaya, dan sejarah Desa Wisata Gondang. Tujuan dari proyek studi ini adalah untuk merancang identitas visual dari Desa Wisata Gondang untuk digunakan sebagai alat mempromosikan Desa Wisata Gondang. Proses pembuatan proyek studi ini melalui beberapa tahapan, yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Karya yang dihasilkan merupakan kumpulan karya yang difokuskan untuk kegiatan promosi yang berupa karya; identifiers, advertising, internet marketing, sales promotion, public relation, direct marketing. Dengan adanya perancangan idenitas visual ini, diharapkan mampu menjadi alat untuk promosi Desa Wisata Gondang serta memperkenalkan diri kepada khalayak luas mengenai potensi yang dimiliki Desa Wisata Gondang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Identitas Visual, Media Promosi, Desa Wisata, Desa Gondang, Kendal.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:32
Last Modified: 09 Oct 2024 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64821

Actions (login required)

View Item View Item