PERAN AYAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT SEKARGADING SEMARANG
Tsabita Millatina, 1601418050 (2023) PERAN AYAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT SEKARGADING SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran ayah dalam mengembangkan literasi anak usia 5-6 tahun di TK IT Sekargading Semarang. Literasi merupakan keterampilan seseorang dalam menggunakan berbagai cara untuk mengungkapkan ide dan memahami informasi yang diterimanya baik berupa audio atau visual. Guna menstimulasikan literasi kepada anak usia dini maka diperlukan pihak yang berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan literasi, salah satunya adalah orang tua sebagai tokoh pertama yang akan diteladani sikapnya oleh anak. Peran antara ayah dan ibu harus seimbang dan sejalan. Tidak hanya ibu yang melakukan pegasuhan namun ayah juga harus mengambil peran dalam pengasuhan. Peran yang diambil ayah dapat dilakukan dengan meluangkan waktu untuk anak, menciptakan kedekatan anatara ayah dan anak menyediakan dan mendukung anak dengan memberikan fasilitas yang memadai untu proses stimulasi anak. Penelitian ini mengambil 6 responden, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan dengan cara observasi non partisipan untuk mendapatkan informasi tentang profil sekolah dan kondisi siswa khususnya dalam kemampuan literasi. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dimana peneliti memberikan instrumen pertanyaan yang sama kepada responden penelitian. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah peran ayah dalam mengembangkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK IT Sekargading Semarang sudah ada kesadaran untuk terlibat dan mengambil peran dalam kegiatan stimulasi perkebangan anak, khususnya dalam kegiatan literasi. Ditunjukkan dengan meluangkan waktu, pemberian fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan stimulasi anak, menumbuhkan motivasi dan memberi teladan untuk terbiasa terhadap buku, serta melakukan pendekaran secara emosional dengan anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Peran, Ayah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64817 |
Actions (login required)
View Item |