STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS AL - QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI KB PLUS TAHFIDZUL QUR’AN MUTIARA SHAHABAT KOTA TEGAL
Vita Vania, 1601418016 (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS AL - QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI KB PLUS TAHFIDZUL QUR’AN MUTIARA SHAHABAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran berbasis Al-Quran bagi anak usia dini itu penting karena dengan pembelajaran berbasis Al-Qur’an anak dapat dikenalkan dan diajarkan tentang membaca dan manghafal Al-Qur’an sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berbasis Al-Qur’an di KB Plus Tahfidzul Qur’an Mutiara Shahabat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dikumpulkan dengan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Waktu penelitian berlangsung dari bulan Oktober-Desember. Peneliti melakukan wawancara terhadap enam orang informan. Penentuan informan ditetapkan atas dasar kriteria tertentu sebagai bahan pertimbangan bahwa kepala sekolah dan guru tahfidz merupakan komponen yang mengetahui strategi pelaksanaan pembelajaran. Disamping itu wali murid berperan sebagai sumber informan tambahan terkait kegiatan menghafal anak selama di rumah . Sumber data primer terdiri dari kepala sekolah, pendidik yang mengajar tahfidz dan wali murid. Kemudian sumber data sekunder penelitian ini profil sekolah, dokumen Rencana Kegiatan Harian dan Rencana Kegiatan Mingguan sarana prasarana, dokumentasi pelaksanaan pembelajaran, dokumentasi penilaian dan dokumentasi mengulang hafalan Al-Qur’an saat di rumah. Hasil analisis data mengenai strategi guru dalam pembelajaran berbasis Al-Qur’an di KB Plus Tahfidzul Qur’an Mutiara Shahabat dapat diketahui bahwa dalam perencanaan pembelajaran hal yang perlu dipersiapkan oleh guru adalah dengan membuat Rencana Kegiatan Harian dan Rencana Kegiatan Mingguan serta persiapan materi hafalan yang terdiri dari hafalan juz-30. Pelaksanaan pembelajaran di KB Plus Tahfidzul Qur’an Mutiara Shahabat meliputi pelaksanaan program menghafal Al�Qur’an pembelajaran menghafal Al-Qur’an dilakukan secara klasikal-individual, membaca buku iqra dan bermain media loose part dan pembelajaran bersifat fleksibel. Penilaian pembelajaran berbasis Al-Qur’an menggunakan sistem penilaian melalui pengamatan dan catatan ceklis. Faktor pendukung pembelajaran berbasis Al-Qur’an di KB Plus Tahfidzul Qur’an Mutiara Shahabat meliputi peran orangtua yang aktif dan manajemen waktu yang baik dan istikamah dalam mengulang hafalan, sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran berbasis Al�Qur’an meliputi orangtua yang pasif karena sibuk bekerja, keadaan siswa yang tidak fokus ketika mengulang hafalan Al-Qur’an serta anak yang sering tidak hadir di sekolah, terbatasnya tenaga pendidik dan minimnya sarana prasarana salah satunya dalam penggunaan media belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi , Pendidikan Anak Usia Dini, Al-Qur’an |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:03 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64807 |
Actions (login required)
View Item |