PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL BAKPIA LOKAL TAWANGMANGU DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI


Wahyu Mulyanto Tri Saputro, 2411318007 (2023) PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL BAKPIA LOKAL TAWANGMANGU DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2411318007_Wahyu Mulyanto Tri Saputro.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Bakpia Lokal Tawangmangu adalah sebuah Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kue lebih tepatnya yaitu bakpia, Bakpia ini memiliki keunikan dari bakpia yang biasanya dijual, perbedaan yang paling besar adalah rasa dari bakpia itu sendiri Kalau kebanyakan penjual bakpia hanya menjual bakpia kacang hijau tetapi di “Bakpia Lokal Tawangmangu” menjual bakpia rasa ubi ungu dan juga madu penciptaan komposisi rasa ini betul-betul di mulai dari nol dan masih menggunakan alat alat manual belum menggunakan alat modern seperti sekarang ini. Adanya identitas visual yang dapat mencerminkan karakteristik UMKM ini kurang dikenali. Berdasarkan permasalahan tersebut pentingnya sebuah identitas visual diharapkan dapat menyampaikan pesan atau citra yang ingin disampaikan kepada masyarakat secara visual. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan desain identitas visual yang meliputi warna, pattern, serta redesign logo. Metode berkarya yaitu meliputi 1) media berkarya, dalam proses pembuatan sebuah karya maka diperlukan beberapa media sebagai pendukung keberhasilan karya. Media yang akan digunakan yaitu alat dan bahan. 2) teknik berkarya, pencarian konsep dan ide yang dilakukan sesuai dengan observasi yang telah dilakukan. Kemudian setelah menetapkan sebuah ide yang sesuai dengan konsep maka akan dilakukan persiapan untuk mewujudkan konsep dengan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. 3) proses berkarya, Dalam proses berkarya dibagi menjadi tiga tahapan diantaranya adalah pra produksi (tahap persiapan), produksi (proses pengerjaan karya), dan pasca produksi (setelah menghasilkan karya). Hasil dari perancangan identitas visual ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan, meliputi: desain logo, desain stationery set, desain kemasan, desain marchandise, dan desain media promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Desain, Desain Identitas Visual, Bakpia Lokal Tawangmangu, Identitas perusahaan, UMKM.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:10
Last Modified: 09 Oct 2024 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64806

Actions (login required)

View Item View Item