IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ABCD5E DAN INTEGRASI KOMPETENSI ABAD 21 DI TK AISYIYAH PESANTUNAN, KAB. BREBES
Kiki Kur’aini, 1601418006 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ABCD5E DAN INTEGRASI KOMPETENSI ABAD 21 DI TK AISYIYAH PESANTUNAN, KAB. BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran ABCD5E dan integrasi kompetensi abad 21 yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran ABCD5E dan integrasi kompetensi abad 21 di TK Aisyiyah Pesantunan, Kab. Brebes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik TK Aisyiyah Pesantunan, Kab. Brebes serta GTK Inti dan GTK Mitra model pembelajaran ABCD5E. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dilakukan keabsahan dengan tringualisasi sumber dan teknik. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik analisis bentuk Miles dan Huberman dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukan implementasi model pembelajaran ABCD5E yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tiap tahapnya memiliki ciri khas. Dalam perencanaan pembelajaran memiliki ciri khusus dalam tujuan pembelajarannya yaitu mengandung unsur ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree), pada pelaksanaan pembelajaran guru memasukan fase 5E (Engagement, Explanation, Exploration, Elaboration dan Evaluation) dan memasukan kegiatan belajar yang sesuai dengan kompetensi abad 21, dalam evaluasi menggunakan teknik STAR, guru menuliskan penilaian harian melalui jurnal kegiatan yang berisi proses kegiatan belajar anak, dengan teknik STAR guru setiap harinya hanya berfokus pada beberapa anak saja, terutama pada anak yang muncul berfikir HOTSnya dan anak yang mengalami kesulitan dalam belajarnya, sehingga anak tersebut mampu menyelesaikan kegiatan belajar dengan baik. Implementasi model pembelajaran ABCD5E dapat mengintregasikan menstimulus anak dalam mencapai kompetensi abad 21 (4C). Hasil penelitian juga menunjukkan faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran ABCD5E dan integrasi kompetensi abad 21 adalah mendapat dukungan penuh dari kepala Sekolah, Kolaborasi yang baik antara GTK Inti, GTK Mitra dan GTK Imbas dalam mengoptimalkan pelaksanaan model pembelajaran ABCD5E, Tersedianyya sarana dan prasarana, media, alat dan bahan yang ada dilingkungan sekolah dan kolaborasi dengan wali murid sehingga kegiatan belajar berjalan dengan efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih minimnya pengetahuan guru mengenai model pembelajaran ABCD5E, Kesulitan dalam memasukkan fase 5E dalam pelaksanaan pembelajaran, keterbatasan ide dalam memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi abad 21
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran ABCD5E, Kompetensi Abad 21 (4C) |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64805 |
Actions (login required)
View Item |