PENINGKATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM ECO SCHOOL DI TK NURUL QUR’AN SEMARANG


Aini Mar’atul Hasanah, 1601416021 (2023) PENINGKATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM ECO SCHOOL DI TK NURUL QUR’AN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601416021_Aini Mar'atul Hasanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Kondisi lingkungan saat ini sedang dalam bahaya. Sikap apatis terhasap keruskaan lingkungan tersebut dapat mengkhwatirkan apabila tidak dapat mewariskan lingkungan yang lebih baik untuk generasi mendatang. Menyikapi hal tersebut ASEAN menaruh perhatian dengan membentuk eco school supaya mencetak masyarakat yang turut aktif menjaga kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia mencanangkan program untuk mendukung kehidupan berkelanjutan. Namun hal tersebut belum diaplikasikasikan di PAUD. Padahal, Kesadararan kepedulian terhadap lingkungan sebaiknya ditanamkan sejak dini melalui komunitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakter peduli lingkungan pada anak di TK Islam Nurul Qur’an sebelum dan sesudah diberikan desain pembelajaran dengan 3 Rs (Reduce, Reuse, dan Recycle) melalui program eco school . Selain itu, untuk melihat adakah peningkatan karakter peduli lingkungan pada anak di TK Islam Nurul Qur’an melalui program eco school. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment, jenis one group pretest posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 30 anak di kelas TK B yang yang masing-masing berjumlah 15 anak. Hasil penelitian pre test kelas yang diberikan perlakuan memperoleh skor 98,33, sementara post test memperoleh skor 172,33. Hasil nilai tersebut menunjukkan ada perbedaan karakter peduli lingkungan. Berdasarkan hasil paired sample t-test 0,000<0,005. Dilihat dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan karakter peduli lingkungan melalui program eco school. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai sebesar 8,7, apabila dilihat dari table interpretasi effect size menunjukkan treatment yang dilakukan peneliti memberikan pengaruh terhadap karakter peduli lingkungan yang tergolong kategori efek kuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Eco School.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:42
Last Modified: 09 Oct 2024 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64792

Actions (login required)

View Item View Item