PENGARUH KEPRIBADIAN NARCISSISM TERHADAP AGRESIVITAS DALAM MENGOMENTARI UNGGAHAN PRODUK DI MEDIA SOSIAL
Nabila Huwaidah, 1511419083 (2023) PENGARUH KEPRIBADIAN NARCISSISM TERHADAP AGRESIVITAS DALAM MENGOMENTARI UNGGAHAN PRODUK DI MEDIA SOSIAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Seiring perkembangan teknologi, perilaku agresivitas juga berkembang di ruang maya. Beberapa tindakan yang termasuk agresivitas dalam lingkup media sosial diantaranya Cyberbullying, Internet Trolling, dan cyberstalking. Salah satu perilaku agresivitas yang banyak ditemukan di media sosial yakni komentar-komentar yang bersifat menyerang atau menghina. Salah satu faktor yang diduga mendorong seseorang melakukan agresivitas yaitu karena adanya narcissism yang tinggi dalam diri seseorang. Karakteristik utama dari kepribadian narcissim yaitu perasaan muluk-muluk akan diri sendiri dan merasa dirinya lebih baik dari orang lain, sehingga ketika mereka merasa gambaran akan dirinya terancam, mereka akan cenderung melakukan tindakan agresif. Banyak penelitian sebelumnya yang meneliti mengenai narcissism dan agresivitas di internet. Namun, masih jarang penelitian yang menghubungkan secara langsung narcissism dengan agresivitas di internet dengan objek agresivitas berupa benda (bukan orang). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepribadian narcissim terhadap agresivitas yang muncul dalam mengomentari sebuah unggahan mengenai produk di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain one-shot case design dimana terdapat dua kali eksperimen yang dilakukan. Prosedur yang digunakan untuk eksperimen pertama dan kedua sama, dengan jeda waktu pelaksanaan yaitu satu minggu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quota sampling dnegan minimum sample size yaitu 90 responden. Pada eksperimen pertama, jumlah subjek yang mengikuti eksperimen hingga akhir mencapai 159 orang dan di eksperimen kedua jumlah subjek yaitu 138 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear yang dilakukan sebanyak empat kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kedua eksperimen yang telah dilaksanakan, variabel narcissism (aspek agentic narcissism maupun communal narcissism) secara signifikan tidak dapat memprediksi agresivitas dalam media sosial yang berupa komentar negatif terhadap unggahan produk, baik dengan/tanpa mengontrol variabel status akun, jenis kelamin, dan usia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Narcissism, Cyber-aggression, Agresivitas Internet, Komentar Produk. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:33 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64787 |
Actions (login required)
View Item |