Penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia din


Slamet Yulianto , 2503407033 (2011) Penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia din. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini.]
Preview
PDF (Penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini.) - Submitted Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan dasar penting dalam rangka membentuk manusia yang bertanggung jawab, penuh perhatian dan cinta kasih, serta produktif. Mengingat arti pentingnya kecerdasan emosional ini, maka orang tua perlu tahu tentang kecerdasan emosional dan menyadari bahwa kecerdasan emosional anak dapat dilatih dengan menggunakan media musik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik serta kendala dan keuntungan dalam penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk menigkatkan kecerdasan emosional anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini serta kendala dan keuntungan yang ada dalam penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mempunyai sifat deskriptif yaitu permasalahan yang dibahas dilakukan dengan cara menggambarkan/menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan suatu keadaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini. Keuntungan dari penggunaan media musik tersebut yaitu siswa dapat meningkatkan percaya diri, meningkatkan kedisiplinan, melatih kekompakan, mengubah pola belajar dan kebiasaan, melatih kepemimpinan, mengubah karakter, dapat memotifasi diri sendiri, melatih bersosialisasi, serta melatih kerjasama. Terdapat pula kendala dan keuntungan dalam penelitian ini. Kendalanya adalah kurangnya ketertarikan beberapa siswa dalam belajar musik dan sulitnya penyamaan pemberian materi yang diberikan pada siswa karena tiap anak mempunyai daya tangkap yang berbeda. Serta banyaknya orang tua yang belum tahu tentang apa itu kecerdasan emosional dan apa fungsi kecerdasan emosional. Keuntungannya adalah bagi orang tua tentunya lebih mudah untuk meningkatkan kecerdasan emosional anaknya. Keuntungan bagi guru yaitu akan lebih mudah dalam meningkatkan pencapaian dalam beberapa aspek perkembangan anak termasuk di dalamnya adalah kecerdasan emosional. Dan keuntungan bagi siswa yaitu lebih kreatif dari pada tidak mendapatkan pembelajaran musik, anak akan mudah bersosialisasi dengan teman sebaya serta lingkungan sekitar, dan juga lebih berani mengekspresikan dirinya. Saran yang dapat diberikan penulis yaitu orang tua agar lebih belajar lagi tentang apa itu kecerdasan emosional, pengaruhnya pada anak serta bagaimana cara melatih kecerdasan emosional pada anak. Bagi guru selaku pendidik agar lebih menambah lagi variasi serta trobosan dalam mengajarkan musik pada anak lebih tertarik lagi dalam pembelajaran musik. Dan menambah porsi latihan, agar penggunaan media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak mendapat hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Marching Band, Menyanyi, Media Musik, Kecerdasan Emosional, Anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2011 06:28
Last Modified: 25 Apr 2015 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item