HUBUNGAN PERSONAL BRANDING DAN SELF CONFIDENCE PADA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN SISWA SMAN 1 SRESEH


Leny Dwi Mawadah, 1511417137 (2023) HUBUNGAN PERSONAL BRANDING DAN SELF CONFIDENCE PADA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN SISWA SMAN 1 SRESEH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511417137_Leny Dwi Mawadah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial digunakan dari berbagai kalangan sebagai alat perantara berbasis web baik berkomunikasi dan berinteraksi dengan individu lainnya dekat maupun jauh. Pengguna media sosial dapat membangun personal branding. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan statistik parametrik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala personal branding dan self confidence yang telah divalidasi oleh expert. Skala personal branding memiliki 82 item dengan nilai corrected item total yang bergerak dari 0,26-0,67 dengan reliabilitas 0,946 dan skala self confidence terdiri dari 46 item dengan nilai corrected item total yang bergerak dari 0,31-0,75 dengan reliabilitas sebesar 0,950. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa aktif SMAN 1 Sreseh yang menggunakan sosial media kelas X dengan 60 subjek. Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara personal branding dan self confidence pada siswa penggunaan media sosial di kalangan siswa SMAN 1 Sreseh. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang di lakukan dengan menggunakan korelasi product momen, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti p<0,05 dan nilai koefisien sebesar 0,438 yang menunjukan pengaruh yang cukup kuat antara kedua variabel. Nilai koefisien yang juga menunjukan hasil positif. Sementara itu, hasil analisis deskriptif menunjukan secara umum subjek memiliki tingkat personal branding yang sedang dan self confidence yang sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: personal branding, Self confidence, media sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Confidence
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Personality
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:43
Last Modified: 09 Oct 2024 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64739

Actions (login required)

View Item View Item