PENGEMBANGAN METODE KOMUNIKATIF DENGAN TEORI BELAJAR GAGNE UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MA/SMA KELAS X DI KOTA SEMARANG
Fitri Nurul Fadilah, 2303419061 (2023) PENGEMBANGAN METODE KOMUNIKATIF DENGAN TEORI BELAJAR GAGNE UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MA/SMA KELAS X DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya pada keterampilan berbicara, yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan kosakata, kesulitan dalam memadukan kalimat, dan masih terbata-bata dalam bercerita secara kronologis, hal ini disebabkan karena kurangnya keberanian dan kepercayaan diri siswa untuk berkomunikasi Bahasa Arab, merasa malu dan takut salah, siswa kurang latihan secara rutin untuk berbicara dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, untuk mencapai tahap kepandaian komunikasi diperlukan aktivitas-aktivitas latihan rutin agar siswa terbiasa dalam pola tingkah lakunya untuk selalu berbicara bahasa Arab. Untuk membiasakan berbicara Bahasa Arab dibutuhkan metode yang berfokus pada praktik percakapan, salah satunya adalah metode komunikatif. Penerapan metode komunikatif memerlukan perhatian dari segi psikologi siswa agar pembelajaran sesuai dengan sikap, minat, motivasi, aspirasi dan kebutuhan peserta didik, sehingga pembelajaran dikelas berlangsung secara optimal. Salah satu teori yang berpengaruh besar terhadap pendidikan dan psikologi adalah teori belajar Gagne. Dalam teorinya Gagne mengungkapkan ada delapan fase dalam satu tindakan belajar diantaranya fase motivasi, pengenalan, perolehan, retensi, memanggil kembali, generalisasi, performance dan umpan balik. Oleh karena itu pengembangan metode Komunikatif dengan teori belajar Gagne sangat dibutuhkan agar siswa termotivasi untuk berani berbicara dan memiliki kebiasaan berlatih dalam berbicara Bahasa Arab sehingga diharapkan siswa dapat mencapai kepandaian komunikasi yang optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method/kuantilatif, dan menggunakan desain penelitian research and development (R&D) model ADDIE, yang terdiri dari empat tahap yaitu Analyze, Design, Develop, dan Evaluate.Subjek penelitian terdiri dari siswa MA/SMA di Kota Semarang, guru Bahasa Arab, dan ahli metode sebagai validator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket, wawancara dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah siswa dan guru membutuhkan metode yang dapat meningkatkan motivasi dan keberanian siswa serta membiasakan siswa untuk berlatih dalam berkomunikasi Bahasa Arab. Purwarupa metode pembelajaran dibukukan dengan bentuk booklet yang disusun seperti RPP berdasarkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Kemudian hasil penilaian ahli metode, ahli bahasa, dan guru sebagai praktisi terhadap Metode komunikatif dengan teori belajar Gagne untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa MA/SMA Kelas X di Kota Semarang secara keseluruhan memperoleh skor total 363 termasuk dalam kategori layak dengan predikat sangat bagus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Komunikatif, Teori Belajar Gagne, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64732 |
Actions (login required)
View Item |