PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FABEL STORY BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MEMERAGAKAN PESAN DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN 01 REJOSARI GROBOGAN


Alfitra Permata Dewi, 1401419245 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FABEL STORY BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MEMERAGAKAN PESAN DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN 01 REJOSARI GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419245_Alfitra Permata Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di SDN 01 Rejosari adalah pelaksanaan proses belajar mengajar yang hanya difokuskan kepada hasil psikomotorik siswa. Pelaksanaan nilai keterampilan memeragakan pesan dongeng belum dilaksanakan secara maksimal. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas diperoleh keterangan bahwa pelaksanaan nilai keterampilan belum dilakukan khususnya pada kompetensi memeragakan pesan dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media fabel story berbantuan articulate storyline untuk peningkatan kompetensi memeragakan pesan dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan media fabel story pada kompetensi memeragakan pesan dongeng siswa kelas III. Metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN Rejosari 01 Grobogan. Sumber data dri validasi media, validasi materi, hasil penilaian keterampilan, dan tanggapan guru dan siswa tentang media yang dikembangkan. Fabel story yang dikembangkan terdiri dari materi dongeng dan memeragakan pesan dongeng,video animasi, dan latihan soal tentang memeragakan pesn dongeng. Fabel story memenuhi kevalidan media sebesar 3,8 dengan kriteria sangat baik dan ahli materi mendapat skor 4 dengan kategori sangat baik. Uji coba skala besar hasil posttest siswa memiliki ketuntasan 82%. Hasil perhitungan N gain dengan hasil 0,61 menunjukan kriteria “sedang”. Hasil uji t dengan t hitung 9,6320 > t tabel 2,0448 yang berarti rata-rata nilai posttets lebih besar dari rata-rata nilai pretest. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan media fabel story yang layak dan efektif sebagai media pembelajaran kompetensi keterampilan memeragakan pesan dongeng kelas III SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fabel story, media, memeragakan pesan dongeng
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:19
Last Modified: 08 Oct 2024 08:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64721

Actions (login required)

View Item View Item