Dewi Khafidhotul Hasanah, 1401419219 (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS R.A. KARTINI BANTARBOLANG PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419219_Dewi Khafidhotul Hasanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan kelancaran dan keberhasilan belajar siswa. Motivasi belajar berperan penting dalam mendorong siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu kompetensi pedagogik guru dan pergaulan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di SDN se-Gugus R.A. Kartini Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 156 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu probability sampling jenis proportionate stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 113 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan angket tertutup. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana (Uji T), analisis korelasi berganda (Uji R), analisis regresi linier berganda, uji koefisien regresi linier berganda (Uji F), dan analisis koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05) dan nilai thitung > ttabel (7,496 > 1,982) dengan pengaruh sebesar 33,6%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai thitung > ttabel (8,892 > 1,982) dengan pengaruh sebesar 41,6%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai Fhitung > Ftabel (47,83