PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V B SD N 1 KARANGREJO KABUPATEN KEBUMEN


Mukhammad Nurkhayat, 1401419112 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V B SD N 1 KARANGREJO KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419112_Mukhammad Nurkhayat.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru kelas V B SD N 1 Karangrejo serta penyebaran angket didapatkan beberapa permasalahan. Yaitu masih minimnya penggunaan media pembelajaran dan hasil belajar PPKn yang masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil nilai PTS dan ulangan harian terdapat beberapa siswa yang belum tuntas, dalam PTS tema 1 terdapat 5 siswa belum tuntas dan PTS tema 2 sebanyak 9 siswa belum tuntas. Berdasarkan data hasil belajar tersebut peneliti memfokuskan pada materi hak, kewajiban, dan tanggung awab sebagai warga masyarakat yang masih tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan media pembelajaran pop-up book berbasis power point. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran pop-up book berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran pop-up book berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V B. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode borg & gall dimana terdapat 10 langkah penelitian, namun peneliti hanya sampai pada langkah ke 9. Teknik pengumpulan data menggunkan tes (pretest & posttest) dan non tes (observasi, wawancara, angket, dokumentasi). Desain media pembelajaran pop-up book menggunakan aplikasi microsoft power point versi 2019 dengan memanfaatkan fitur shape format dan efek transisi morph sehingga menyerupai pop-up book cetak. Hasil penelitian ini menunjukan penilaian ahli materi 98% sangat layak dan ahli media 89,5 % sangat layak. Media pembelajaran yang dikembangkan berpengaruh terhadap perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Pada uji coba produk skala besar perhitungan uji T menunjukan nilai siginifikansi 0,00. Hasil perhitungan N-gain didapati nilai 0,5357 dengan kriteria sedang. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan desain media pembelajaran pop-up book berbasis power point layak dan efektif digunakan. Peneliti menyarankan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis digital terus dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PPKn, Pengembangan media pop-up Book, Power Point
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:10
Last Modified: 08 Oct 2024 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64718

Actions (login required)

View Item View Item