KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PUSTAKA SIWI KABUPATEN WONOSOBO


Dana Havel Havelar, 1401419083 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PUSTAKA SIWI KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419083_Dana Havel Havelar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang dilaksanakan di kelas V SDN Gugus Pustaka Siwi Kabupaten Wonosobo melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi diperoleh informasi bahwa pembelajaran IPS belum optimal dikarenakan guru belum menggunakan media pembelajaran interaktif dan model pembelajaran inovatif yang diterapkan belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Think Pair Share berbantu flashcard terhadap keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Pustaka Siwi dengan sampel siswa kelas V SDN 2 Bejiarum sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 1 Sudungdewo sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Tes keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan pretest dan posttest dalam bentuk esai/uraian. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantu flashcard efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Hasil uji perbedaan rata-rata didapat nilai thitung = 4,230 sedangkan ttabel sebesar 1.679 (thitung 4,230 > ttabel 1.679) maka H0 ditolak yang berarti nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas kontrol. Sehingga model pembelajaran Think Pair Share berbantu flashcard efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Hasil uji n-gain, kelas eksperimen menunjukkan angka yang lebih tinggi yaitu 0.5859209 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0.2889908 dengan kriteria rendah. Simpulan hasil penelitian ini adalah model Think Pair Share berbantuan flashcard efektif digunakan pada pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Pustaka Siwi Kabupaten Wonosobo. Saran guru hendaknya mempersiapkan rancangan pembelajaran dengan baik sebelum melaksankan pembelajaran guna mewujudkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien serta menciptakan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: think pair share; keterampilan berpikir kritis; IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:08
Last Modified: 08 Oct 2024 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64717

Actions (login required)

View Item View Item